Sukses


Lenyapkan Bau Sepatu di Dalam Rumah

Anda mungkin sudah terbiasa dengan aroma tak sedap itu, tapi jika teman atau saudara Anda berkunjung, lain lagi ceritanya.

Liputan6.com, Jakarta Di mana Anda biasanya meletakkan sepatu yang sudah atau sering digunakan? Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah yang mungil, sepatu biasanya diletakkan di dalam unit, di dekat pintu atau di rak sepatu.

Akibatnya, kadang aroma sepatu yang tak sedap masuk ke dalam kamar Anda. Jika ruangannya cukup luas, Anda masih bisa mengatasinya dengan membuka jendela ruangan. Tapi, jika rumah Anda sempit, jangan heran jika aroma sepatu tersebut menguar memenuhi ruangan.

Anda mungkin sudah terbiasa dengan aroma tak sedap itu, tapi jika teman atau saudara Anda berkunjung, lain lagi ceritanya. Dijamin mereka tidak akan betah berlama-lama di rumah Anda.

Untuk menghindari situasi itu, simak trik yang dikutip dari Rumah.com berikut ini:

  • Meski Anda merasa kaus kaki masih bersih dan ingin digunakan kembali, jangan menyimpan kaus kaki dengan meletakkannya di dalam sepatu. Gantung kaus kaki itu di tali tempat menjemur agar keringat yang menempel di kainnya menguap.

  • Sebarkan kamper lemari di sekitar rak sepatu dan masukkan beberapa buah ke dalam sepatu. Hal ini bukan hanya untuk meredam bau sepatu yang tak sedap, tapi juga mencegah kecoa memasuki sepatu Anda. Pasalnya sepatu yang berbau akan mengundang kecoa.

  • Setelah menggunakan sepatu, jangan langsung menyimpannya atau meletakkannya begitu saja. Letakkan di balkon atau teras rumah dengan keadaan didirikan. Jika sepatu bertali, lepaskan talinya. Manfaatnya, agar permukaan sepatu menjadi lebih kering. Pasalnya, sepatu yang lembap menyebabkan bau.

  • Gunakan gel silika dan masukkan ke dalam sepatu. Gel akan menyerap uap air dan menjaga ruang di dalam sepatu tetap kering.

  • Bungkus bubuk kopi dengan tisu atau kaus kaki yang sudah tidak terpakai, lalu masukkan ke dalam sepatu. Kopi akan menyerap aroma tak sedap yang ada di dalam sepatu.

  • Rendam kaki Anda setelah menggunakan sepatu tertutup dengan air hangat yang sudah dicampur garam. Air garam akan menyerap bakteri dan sisa kulit mati di telapak dan jari-jari kaki.

  • Setiap 1-2 minggu, bersihkan sepatu Anda atau gunakan jasa pencucian sepatu. Kadang, jika Anda tidak mengerti cara mencucinya, membersihkannya secara swadaya malah membuat alas sepatu di bagian dalamnya rusak. Jika alasnya rusak, permukaannya tidak akan maksimal menyerap keringat kaki Anda, sehingga semakin menimbulkan bau tak sedap.

  • Taburkan baking soda ke dalam sepatu, biarkan selama 1-2 jam, lalu bersihkan kembali. Baking soda akan menyerap lembap dan uap air di dalam sepatu.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini