Sukses


Awas! Jangan Simpan Lima Makanan Ini di Lemari Es

Sebagian dari Anda mungkin, masih menganggap bahwa lemari es adalah tempat yang tepat untuk mengawetkan makanan.

Liputan6.com, Jakarta Karena ukurannya yang cukup besar dan mampu menjaga makanan tetap awet, orang-orang kerap memasukkan semua jenis makanan ke dalam kulas. Padahal, tidak semua makanan bisa disimpan di lemari pendingin.

Kendati fungsi dan ukuran desain lemari es kini banyak tersedia besar, bukan berarti Anda dengan leluasa untuk memasukan semua jenis makanan ke dalamnya. Faktanya, lemari es ternyata dapat mengubah kualitas gizi dan komposisi yang terkandung dari makanan dan minuman.

Misalnya, sebuah penelitian dari Badan Standarisasi Makanan di Amerika (FSA) menyatakan kentang yang dimasukkan ke dalam lemari es akan mengalami perubahan pada pati di dalamnya menjadi gula.

Selain kentang, ada beberapa daftar nama makanan lain yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam lemari es antara lain tomat, bawang, madu, labu, dan kopi. Agar lebih rinci, berikut ulasannya:

1. Tomat

Sayuran yang tumbuh di tropis ini cukup rentan dengan suhu dingin dalam lemari es. Karena, berdasarkan karakteristiknya, sayuran lebih memilih tumbuh dengan baik dalam kondisi panas.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika sayuran ini dipaksa masuk ke dalam lemari es, akan mengubah reaksi kimia sehingga melemahkan rasa dan mengubah tekstur tomat.

Bahkan rasa dan aroma tomat yang dihasilkan volatil akan berhenti berproduksi.

2. Bawang

The National Onion Association di Amerika menyatakan menyimpan irisan bawang dengan kulit yang dikupas dalam suhu sejuk akan mengakibatkan mudah busuk.

Untuk itu, bila hendak menyimpan irisan bawang di dalam kulkas, sebaiknya disimpan dahulu ke dalam wadah tertutup. Cara ini lebih aman dibandingkan Anda harus menyimpan secara langsung.

3. Madu

Selain tomat dan bawang, madu ternyata juga tidak boleh di simpan dalam tempat yang kering.

Penelitian The Ontario Beekeeper Association menunjukkan bahwa asam ph dan gula yang terkandung di dalam madu, akan merusak mikroorganisme.

Jika dimasukkan ke dalam lemari es, akan membentuk kristalisasi sehingga menyulitkan untuk menyebar, apalagi bila Anda hendak menyimpan dalam kurun waktu yang tidak terbatas.

4. Labu

Serupa dengan madu, sayuran labu juga membutuhkan tempat penyimpanan yang kering, gelap, dan sejuk misalnya berada di bawah meja dapur yang jarang sekali terkena sinar matahari.

5. Kopi

Bagi Anda pencinta minuman kopi, menyetok kopi untuk waktu lama adalah hal wajib. Namun, taukah Anda bahwa bubuk kopi dan biji kopi sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari es?

Kandungan kopi seperti kafein, lebih tepat agar dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap. Tujuannya menjaga rasa dan kesegaran.

Bila hendak membuatnya menjadi awet, Anda bisa menyimpan dalam bungkusan kedap udara dan menyimpannya sampai satu bulan di dalam freezer.

Sumber: besthealthmag.ca
Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.