Sukses


Efisien Menata Perabot di Ruang Tamu Kecil

Kesulitan ruang tamu kecil adalah bagaimana memasukkan perabotan dan menatanya. Namun jangan khawatir, karena beberapa tips berikut...

Liputan6.com, Jakarta Anda memiliki ruang tamu kecil? Itu bukan hal yang buruk. Bahkan, beberapa orang mengatakan ruang tamu mungil justru lebih nyaman.

Kesulitan ruang tamu kecil adalah bagaimana memasukkan perabotan dan menatanya. Namun jangan khawatir, karena beberapa tips dari Rumah.com ini bisa Anda lakukan:

Buat Satu Objek Fokus

Mengatur Ruang Tamu Kecil-Fokus (homeedit.com) 

Salah satu pilihannya adalah dengan membuat pengaturan kursi menghadap ke satu fokus. Misalnya kursi bisa dibuat menghadap rak buku, tungku perapian, televisi, atau lukisan. Dengan begini, penataan kursi dalam bentuk apapun akan tetap membuat semua orang yang duduk di ruang tamu akan melihat objek fokus yang dituju.

Sebagai Ruangan untuk Mengobrol

Mengatur Ruang Tamu Kecil-Ruang Mengobrol (homeedit.com) 

Cara lain adalah dengan menata kursi sehingga menjadi ruangan untuk mengobrol. Mengatur perabotan sehingga terdapat akses agar orang dapat lalu lalang dengan mudah dan agar setiap orang yang duduk dapat berhadapan satu sama lain. Anda bisa mengelompokkan kursi dan sofa di tempat yang membuat interaksi lebih mudah tercipta.

Perhatikan Keseimbangan dan Keharmonisan

Mengatur Ruang Tamu Kecil-Keseimbangan (homeedit.com) 

Jika Anda adalah orang yang memerhatikan keseimbangan dan keharmonisan, atur perabotan dengan memikirkan bagaimana penataan kursi akan berkesinambungan dengan dekorasi di ruang tamu.

Jika Anda menempatkan sofa di salah satu ruangan, seimbangkan dengan menaruh dua kursi di bagian seberang ruangan untuk membuat keseimbangan. Perhatikan juga bahwa ruangan kecil tidak perlu diisi perabotan besar—satu sofa besar sudah cukup.

Buat Batas Ruang Anak dan Orang Dewasa

Mengatur Ruang Tamu Kecil-Ruang Anak (homeedit.com) 

Bagi keluarga yang sudah memiliki anak terkadang terasa sulit untuk memberikan batas yang jelas antara area bermain dan area untuk orang dewasa, apalagi di ruangan yang kecil. Gunakan partisi yang sederhana untuk mempertegas batas area seperti meja kecil atau sofa.

Pilih Perabotan Tertentu

Sebelum berencana untuk menata ruang tamu Anda, pilih kembali perabotan tertentu yang paling utama dan harus dimasukkan ke dalam ruang tamu. Singkirkan perabotan yang sekiranya hanya akan membuat ruang tamu menjadi semakin sempit.

Mulai mengatur perabotan dari yang terbesar, seperti sofa, kemudian atur kursi di bagian seberang ruangan. Di antara sofa dan kursi, taruh meja kecil dan pastikan meja ini tidak menghalangi jalan.

Perhatikan Pencahayaan

Mengatur Ruang Tamu Kecil-Pencahayaan (homeedit.com) 

Pencahayaan adalah salah satu elemen yang penting. Ruang tamu yang kecil dapat terlihat gelap dan suram jika kurang pencahayaan. Usahakan ruang tamu memiliki lampu yang cukup terang.

Lebih bagus jika ruang tamu memiliki jendela besar sehingga cahaya alami bisa masuk. Selain menggunakan lampu, Anda bisa mengakalinya dengan memilih cat dinding berwarna cerah.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.