Sukses


Langkah Cerdas Mengumpulkan DP Rumah

Senyaman-nyamannya rumah milik orangtua atau kontrakan, tentu akan lebih enak jika tinggal di rumah sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Punya rumah pastinya jadi hal penting bagi Anda. Senyaman-nyamannya rumah milik orangtua atau kontrakan, tentu akan lebih enak jika tinggal di rumah sendiri.

Rumah pun akan menjadi investasi Anda hingga tua. Minimal saat anak Anda dewasa, Anda bisa mewariskan rumah tersebut kepadanya.

Masalahnya, harga rumah terus melambung. Jika Anda ingin membelinya secara tunai, harus menabung hingga tua untuk mendapatnya. Agar lebih realistis, tak ada salahnya Anda mengumpulkan uang untuk DP (down payment) alias uang muka rumah dan membeli sisanya secara kredit.

Dikutip dari Rumah.com, simak cara berikut agar DP rumah segera terkumpul.

Tentukan Target

Jangan hanya mengatakan ‘kapan-kapan saya akan membeli rumah’. Buat targetnya! Misalnya, ‘tiga tahun lagi saya akan membeli rumah’.

Target ini untuk mengetahui berapa banyak DP yang harus dikumpulkan. Jangan lupa perkirakan kenaikan harganya setiap tahun. Caranya, dengan memeriksa harga pasarannya setiap tahun.

Contoh, tahun ini DP rumah yang Anda inginkan sekitar Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun Anda harus mengumpulkan Rp200 juta.

Investasikan Dana

Jangan puas hanya dengan menabung karena bunganya hanya 2% – 4% per tahun. Belum lagi dipotong biaya administrasi. Sementara inflasi tahunan adalah lebih besar dari bunga tabungan. Jika Anda memiliki tabungan berjumlah cukup besar, cobalah menginvestasikan dalam bentuk reksadana atau saham.

Beli Tanah

Belum sanggup membeli rumah, beli tanahnya saja dahulu. Pilih tanah yang lokasinya strategis. Jika memang belum ingin dibangun, gunakan tanah tersebut untuk berbisnis, misalnya digunakan sebagai tempat penitipan mobil atau digunakan untuk berkebun.

Jika dalam tiga tahun Anda belum juga dapat mendirikan bangunan, Anda bisa menjualnya. Harganya pasti akan lebih tinggi dan bisa menjadi modal utama mengumpulkan DP rumah.

Cari Penghasilan Tambahan

Mau tak mau Anda harus menambah pundi-pundi keuangan Anda. Salah satu caranya dengan melakukan pekerjaan tambahan yang Anda kuasai, misalnya fotografi, menjadi penulis lepas, atau penerjemah. Lakukan pekerjaan di akhir pekan atau setelah Anda pulang kantor. Menjadi reseller atau berjualan secara online juga seru untuk dicoba.

Manfaatkan Aset

Jika selama ini Anda menggunakan mobil pribadi, Anda bisa menjualnya dan membeli kendaraan lain yang lebih murah seperti motor. Hasil penjualan mobil dapat digunakan untuk menambah DP rumah.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.