Sukses


Ini Cara Hadirkan Udara Bersih di Dalam Rumah

Udara bersih menjadi salah satu syarat rumah sehat. Bagaimana cara membuat udara di dalam rumah tetap bersih? Simak beberapa poin berikut.

Liputan6.com, Jakarta Tren gaya hidup masa kini begitu lekat dengan gaya hidup yang berkualitas. Tidak hanya memperhatikan keberlanjutan lingkungan saja, namun juga kualitas hidup yang baik.

Rumah menjadi tempat pertama yang diperhatikan ketika hendak meningkatkan kualitas kesehatan. Sejumlah konsumen yang ingin membeli rumah baru juga mulai memperhatikan hal ini sebagai salah satu pertimbangan.

Mulai dari desain rumah dengan void dan tangga yang aman, sampai dengan penampungan dan daur ulang air hujan.

Selain beberapa syarat rumah sehat yang sesuai dengan standar dinas kesehatan, udara bersih menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Nah untuk membuat rumah dengan kualitas udara bersih, perhatikan empat hal di bawah ini, dikutip dari Rumah.com

Perhatikan sirkulasi udara

Untuk membuat perputaran udara di dalam rumah lebih lancar, perhatikan ventilasi atau lubang udara yang ada di rumah Anda.

Beberapa pengembang juga mulai mengadaptasi desain rumah dengan void atau ruang kosong yang berada di antara lantai atas dan lantai bawah. Seperti misalnya Belle Fille Town house dan Mutiara Bintaro.

Untuk ruangan yang lembap dan minim ventilasi seperti kamar mandi dan gudang, ada baiknya jika kita menggunakan exhaust-fan agar udara lembap bisa terhisap keluar ruangan.

Perabot Bebas Racun

Udara yang bersih akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan penghuninya. Di area interior, ternyata udara bersih juga bisa diciptakan dengan memilih material perabot yang tepat. Seperti produk lantai, furnitur, kain dan lem yang Anda gunakan.

Untuk memastikan produk yang Anda pilih ramah lingkungan dan aman untuk anak-anak, coba perhatikan kandungan kimia yang ada di dalamnya.

Pilih cat yang ramah lingkungan yang memiliki kandungan VOC rendah. VOC (volatile organic compounds) dapat menyebabkan sakit kepala, mual, sakit tenggorokan, dan iritasi pada mata.

Perabot baru seperti karpet dan mebel biasanya mengandung VOC. Sebelum digunakan, sebaiknya furnitur dan karpet baru dibuka dan dijemur terlebih dahulu seharian di luar rumah.

Rajin membersihkan rumah

Menggunakan AC di musim kemarau akan sangat berfungsi untuk menghilangkan polusi udara. AC dengan purrifier bisa menyaring partikel-partikel merugikan.

Namun jangan lupa untuk membersihkan secara teratur perangkat AC, kulkas atau air purifier minimal dua bulan sekali.

Anda juga harus rajin membersihkan sumber alergi lain. Seperti tirai, selimut, handuk, taplak meja dan kain-kain agar rumah bebas dari debu.

Rumah hijau rumah sehat

Lingkungan yang asri berdampak langsung terhadap kesehatan tempat tinggal. Untuk itu sejumlah perumahan umumnya menyediakan sisa lahan untuk area hijau sekitar 40 persen.

Manfaatkan semaksimal mungkin area hijau di area rumah dengan menanam pohon peneduh yang daunnya cukup lebat dan lebar.

Pohon adalah penyaring udara alami sekaligus berfungsi sebagai penyuplai oksigen segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini