Sukses


Tawarkan Produk Sehat, Pasar Modern BSD Lakukan MoU dengan BPOM

Pasar Modern BSD City terpilih sebagai lokasi digelarnya peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016.

Liputan6.com, Jakarta Pasar Modern BSD City terpilih sebagai lokasi digelarnya peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016. Dalam kesempatan tersebut, BSD City juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang.

“Dengan MoU dengan BPOM, kami berharap dapat bekerjasama maksimal membangun Mini Lab Pengujian Bahan makanan, sehingga mengurangi penggunaan bahan berbahaya pada makanan yang tersaji di Pasar Modern BSD City,” kata Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land seperti ditulis Rumah.com, Senin (11/4).

Dhony menjelaskan, Mini Lab yang segera dibangun ini akan dioperasikan oleh BSD City, namun tetap dalam pengawasan dan tanggung jawab BPOM.

“Dengan dibangun laboratorium ini, bukan berarti BSD menjamin keamanan pangan dari barang-barang yang dijual di Pasar Modern, namun BSD berperan aktif dalam menciptakan pangan aman dan sehat di Pasar Modern BSD. Setelah mini lab beroperasi, maka bahan pangan yang dijual di Pasar Modern BSD akan di-sampling secara berkala oleh petugas mini lab tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, dalam waktu dekat Pasar Modern 1 akan melaksanakan pengembangan pasar yang sehat dan aman.

”Kami bekerjasama dengan BPOM setempat untuk pembinaan pedagang tradisional dan penyediaan sarana laboratorium guna pengetesan kandungan zat yang dilarang pada bahan pangan tertentu, sehingga akan tercipta pasar modern yang sehat dan aman,” ujar Dhony.

Hal yang sama, menurutnya, juga akan akan diterapkan di Pasar Modern 2. Dengan demikian, pasar modern BSD City merupakan pasar yang dikelola pihak swasta pertama di Indonesia yang melakukan uji makanan.

“Program ini merupakan kegiatan CSR (corporate social responsibility) BSD City yang memiliki manfaat bersama (create shared value) berupa akan tertanamnya kebiasaan menjaga makanan sehat untuk kepentingan konsumen Pasar Modern BSD City,” tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek mengungkapkan, saat ini Kementerian Kesehatan tengah menggalakkan kampanye pencegahan penyakit diabetes melitus.

“Penyakit ini dipicu oleh gaya hidup, salah satunya adalah pola makan, dan pasar merupakan tempat awal memilih bahan makanan yang dihidangkan,” katanya.

Dua Pasar Modern

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada 2004 di atas lahan seluas 3,2 hektar. Hal ini dilakukan demi mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi pasar tradisional modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Menyusul suksesnya Pasar Modern Pertama, di akhir 2015 Sinar Mas Land meluncurkan Pasar Modern kedua yang akan menyediakan lebih dari 800 ruang usaha, demi memberikan kesempatan lebih luas bagi UMKM. Masih mengangkat pasar tradisional, pasar tersebut dikelola secara modern dan terintegrasi dengan stasiun kereta api dan bis (stasiun intermoda).

Pasar Modern 2 di kawasan Intermoda BSD City tersebut memiliki luas 2,6 hektar, terdiri dari 2 lantai dan diisi oleh 539 kios ritel, 220 lapak yang langsung terhubung dengan jalur kendaraan pribadi, serta koridor terminal shuttle bus dan Trans BSD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini