Sukses


Catat, 3 Tips Mendekorasi Ruangan Kecil Rumah Anda!

Keindahan rumah tidak tergantung pada ukuran rumah. Rumah kecil pun bisa menjadi indah dan nyaman apabila Anda cerdik dalam memaksimalkan

Liputan6.com, Jakarta Ukuran rumah yang kecil tidak perlu membatasi kreativitas Anda dalam mendekorasi. Berikut ini adalah sejumlah tips dekorasi yang bisa Anda lakukan pada rumah berukuran mungil.

Keindahan rumah tidak tergantung pada ukuran rumah. Rumah kecil pun bisa menjadi indah dan nyaman apabila Anda cerdik dalam memaksimalkan ruangan. Untuk itu, berikut tiga tips penting dalam mendekorasi ruangan kecil agar terlihat lebih luas, yang dikutip dari Rumah.com.

1. Perhatikan furnitur

Sesuai dengan kondisi fisik ruangan yang kecil, dalam memilih furinitur sangatlah penting untuk Anda perhatikan. Ruangan yang kecil membutuhkan furnitur yang lebih kecil atau lebih ringan bila dibandingkan dengan rumah berukuran besar.

Contoh multi fungsi furnitur yang bisa Anda gunakan untuk mensiasati ruangan kecil (source: inhabitat.com)
Contoh multi fungsi furnitur yang bisa Anda gunakan untuk mensiasati ruangan kecil (source: inhabitat.com)

Kali ini Anda harus menahan keinginan lain seperti ingin memasang sofa yang besar, meja yang terlalu besar, atau tempat tidur yang besar. Ada baiknya Anda memilih furnitur multiguna.

Saat ini sudah banyak furnitur seperti tempat tidur yang bagian bawahnya berfungsi sebagai laci penyimpanan, lemari yang bisa menjadi meja belajar, atau pintu yang bisa menjadi rak buku. Intinya, sebisa mungkin Anda jeli kombinasikan spot ruangan dan fungsi menjadi sebuah furnitur.

2. Perhatikan dekorasi

Selain memperhatikan furnitur, menyiasati dekorasi ruangan juga cukup penting untuk membuat ruangan telihat luas. Misalnya, gunakan kaca atau cermin yang bisa memantulkan sinar lampu. Sedikit tips, Anda bisa menempatkan kaca atau cermin di dinding kamar dekat dengan ranjang tidur.

Contoh menggunakan kaca atau cermin yang dipasang dekat dengan ranjang tidur. Gambar ini merupakan contoh dari desain interior Apartemen Zamzam Tower Depok.
Contoh menggunakan kaca atau cermin yang dipasang dekat dengan ranjang tidur. Gambar ini merupakan contoh dari desain interior Apartemen Zamzam Tower Depok.

Tips lain, gunakan gorden yang tinggi dan melebihi dari ujung kusen jendela. Trik ini juga bertujuan agar ruangan Anda terlihat luas. Terakhir, gunakan pencahayaan yang natural, tidak terlalu banyak aksen dan ornamen.

3. Perhatikan warna & pola desain

Bermain dalam pilihan warna dan pola desain juga menjadi hal penting untuk mendekorasi ruang kecil. Hindari pemilihan warna gelap yang mendominasi. Sebab, efek warna gelap membuat kamar terlihat kecil. Jadi, cukup gunakan warna gelap sebagai aksen warna saja. Misalnya digunakan untuk mural pada dinding.

Contoh kamar tidur yang menggunakan kombinasi dua warna hijau dan cokelat. Hal lain juga bisa didukung dengan furnitur di sekitarnya (source: pixabay.com)
Contoh kamar tidur yang menggunakan kombinasi dua warna hijau dan cokelat. Hal lain juga bisa didukung dengan furnitur di sekitarnya (source: pixabay.com)

Penggunaan aksen strip atau garis yang digunakan pada cat dinding rumah Anda bisa juga memberikan kesan luas dan tinggi pada plafon rumah. Sedikit tips sebelum Anda mengecat, pilih warna yang sama. Khusus untuk langit-langit ruangan Anda bisa menggunakan warna yang sedikit terang seperti putih atau krem.

 

contoh dinding yang menggunakan cat tembok vertical. Hal ini akan memberikan kesan luas dan tinggi pada ruangan (source: pinterest.com)
Trik membuat langit-langit menjadi tinggi dengan menggunakan cat dinding secara vertikal (source: houzz.com)

Warna atau lapisan bertekstur juga masih bisa Anda terapkan. Namun dengan catatan tidak mendominasi ruangan. Berikan kesan kontras dengan ragam warna yang cerah dan senada dengan warna dasar tekstur tadi.

Catatan penting ketika ingin membuat pola pada ruangan kecil, adalah tetap mempertimbangkan rasio 2:1 dengan pengertian dua pola untuk skala kecil atau tekstur dengan satu pola yang agak tebal untuk menambah daya tarik.

Dikutip dari laman www.rumah.com

Feature picture: Pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini