Sukses


Ternyata, Empat Rumah Ini Dibuat dari Sampah

Seorang kontraktor asal Texas, Dan Phillips, punya ide gila dalam merancang sebuah hunian. Apakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Rumah pada umumnya dibangun dari bahan baku bata merah dan adukan semen. Agar semakin kokoh dan tahan lama, material batu kali digunakan untuk pondasi dan beton bertulang sebagai strukturnya.

Akan tetapi bahan baku berbeda diaplikasikan pada tujuh rumah unik ini. Material umum seperti yang disebutkan di atas dihilangkan, dan diganti dengan bahan-bahan daur ulang atau sampah. Dan Phillips yang merupakan seorang kontraktor asal Texas adalah salah satu penggagas nya.

Ia memang tengah mengemban sebuah misi, guna membuktikan bahwa bahan daur ulang ternyata bisa dipakai untuk menciptakan sebuah hunian yang murah.

Berbekal kreativitas tinggi, rumah-rumah berikut ini ditujukan bagi para seniman, single parents, dan keluarga berpendapatan rendah. Hal ini seperti tertulis di artikel Rumah.com, Selasa (29/03).

Bahan yang digunakan pun cukup mudah ditemui terutama di tempat pembuangan, meliputi genteng keramik rusak, mangkuk pecah, botol minuman, cermin yang sudah retak, hingga tulang belulang binatang.

Lantas, seperti apakah jadinya? Berikut potret rumah sampah karya Phillips yang dirangkum dari phoenixcommotion.com.

Rumah tulang

Phillips mendekorasi rumahnya dengan benda koleksinya yakni tulang binatang, dan digunakan baik secara fungsional maupun ornamen.

Sekumpulan tulang ini lantas disulap menjadi berbagai perabot antik seperti bangku, kursi, hingga pegangan pintu. Keseluruhan struktur rumah terbuat dari kayu.

Karena memiliki nilai seni yang sangat tinggi, para seniman profesional pun tertarik untuk menghabiskan waktu di rumah ini yang berada di komplek seniman, Huntsville, Texas. Phillips sering menyewakan rumahnya dengan tarif menginap yang terjangkau.

Rumah tulang nan unik ini menarik minat para seniman.

The sign house

Rumah beratapkan seng ini menghadirkan dekorasi eksterior berupa petunjuk jalan. Plang petunjuk jalan ini biasanya akan dibuang oleh pihak berwajib, apabila kondisinya sudah tidak layak pajang.

Melihat benda tak terpakai ini, Phillips punya ide untuk menjadikannya sebagai dekorasi dinding luar rumah agar lebih berkarakter. Selain di dinding luar, Phillips juga memasang plang petunjuk jalan ini di kamar mandi dan pintu kamar.

Rumah terbuat dari plang bekas ini menghadirkan kesan pop-vintage.

Rumah pohon

The Tree House, yang terletak di Huntsville, Texas, merupakan proyek pertama rumah daur ulang hasil kreatifitas Dan Phillips. Meski bangunan rumah ini berada di atas pohon, Phillips tetap wajib mengurus prosedur menyewa pohon tersebut.

Rumah pohon adalah impian setiap orang di masa kecilnya.

Rumah ini juga disebut sebagai studio seni serbaguna. Langit-langitnya terbuat dari bingkai foto bekas. Selain unik, rumah ini juga memiliki banyak lubang yang ditutupi kaca, sehingga sinar matahari dapat masuk secara maksimal. Tak ayal, para seniman akan mempunyai banyak inspirasi saat berada di sini.

Rumah pohon menghadirkan nuansa fantasi.

License plate house

Rumah ini dinamakan demikian karena atapnya didominasi oleh plat nomor kendaraan bermotor. Untuk mendapatkannya secara gratis, Phillips dan rekannya mendatangi kantor pajak setempat yang membuang banyak plat nomor lama tidak terpakai.

Teknik penyusunan yang rapi membuat atap ini nampak keren untuk sebuah rumah bertembok tumpukan kayu. Kendati dari luar nampak lusuh, namun siapa sangka interior rumahnya sangat menawan. Lihat saja rangkuman foto di bawah ini.

Ribuan plat nomor digunakan untuk membangun rumah ini.

Betapa telatennya pemilik rumah plat nomor ini.

Kombinasi plat nomor dengan kayu menambah keunikan rumah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini