Sukses


42.000 Unit Rumah MBR Dapat Bantuan PSU Rp7 Juta

Bantuan diberikan agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) merasa nyaman tinggal di rumahnya...

Liputan6.com, Jakarta Agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) merasa nyaman tinggal di rumahnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membantu prasarana, sarana, dan utilitas (PSU).

“Kami akan bantu perumahan umum berupa PSU agar rumah untuk MBR ke depan bisa lebih layak huni,” ujar Kasubdit Bantuan Rumah Umum Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Irma Yanti seperti ditulis Rumah.com, Minggu (27/3).

Lebih lanjut dia menjelaskan, setidaknya ada tiga komponen Bantuan PSU TA 2016 yang akan disalurkan Kementerian PUPR ke perumahan umum tersebut, yakni jalan lingkungan, penerangan jalan umum (PJU), dan ruang terbuka non hijau, seperti lapangan olahraga, taman bermain, dan tempat parkir untuk rumah susun.

Ke depan, imbuhnya, Kementerian PUPR akan menambah jumlah target bantuan PSU untuk perumahan.

Untuk itu, Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan akan terus menjaring usulan, baik dari pemerintah daerah maupun para pengembang perumahan bersubsidi. Tujuannya, agar segera mengusulkan lokasi yang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Target bantuan PSU untuk tahun 2016 adalah sebanyak 42.000 unit rumah dengan bantuan PSU per unit rumah sebesar Rp7 juta.

"Jadi kami berharap pemerintah daerah dapat segera mengusulkan lokasi perumahan yang memang layak mendapatkan bantuan untuk tahun ini maupun untuk tahun 2017 mendatang dan dapat menggunakan dana bantuan yang ada sesuai dengan komponen yang telah ditetapkan sebelumnya,” urainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini