Sukses


Percantik Rumah Anda dengan Dekorasi Partisi

Seperti fungsinya, partisi memang mampu membagi sebuah area kedalam beberapa bagian. Namun tidak dapat dipungkiri, partisi juga berguna seba

Liputan6.com, Jakarta Tren rumah saat ini seringnya menggabungkan ruang keluarga sekaligus ruang tamu dengan ruang makan, tanpa adanya dinding pembatas. Jika Anda menganggap hal ini bukan masalah, tampilan seperti ini rasanya sah-sah saja. Akan tetapi bagi yang selalu mengutamakan sisi privasi, kehadiran partisi sepertinya perlu dipertimbangkan.

Partisi atau dividers adalah pembatas antara ruang satu dengan ruang lainnya yang bersifat portable dan fleksibel. Umumnya, ruang yang diberi partisi meliputi ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan ruang makan atau dapur, atau mungkin kamar anak yang dihuni oleh dua orang.

Seperti fungsinya, partisi memang mampu membagi sebuah area kedalam beberapa bagian. Namun tidak dapat dipungkiri, partisi juga berguna sebagai pelengkap desain interior sebuah ruangan. Tidak hanya di rumah, partisi mudah ditemukan di kantor, rumah sakit, sekolah dan ruang publik lainnya.

Contohnya, partisi digunakan di kantor untuk membagi ruang kerja pegawai sehingga menuntaskan masalah keterbatasan ruangan. Lain halnya di rumah sakit, dimana partisi digunakan untuk memberikan ruang privasi bagi pasien yang ditempatkan di kamar yang sama dengan pasien lainnya.

Tipe partisi

Disadur dari tulisan Rumah.com, partisi digolongkan ke dalam tiga tipe yaitu akordion, folding panel dan mobile atau yang dapat dipindahkan.

Akordion terpasang di langit-langit dan menjuntai kebawah seperti gordyn atau tirai. Sedangkan folding panel terdiri dari dua atau tiga bagian yang dapat dilipat. Lalu pada tipe mobile, terdapat roda dibawahnya sehingga mudah untuk digeser atau dipindahkan.

Kebanyakan, partisi terdiri dari satu macam material seperti rotan. Seiring berkembangnya model, partisi kini terdiri dari berbagai macam material yang dikombinasikan menjadi satu. Seperti misalnya kayu, vinyl, kulit, kaca, rotan dan masih banyak lagi.

Contoh desain partisi

Selain lebih efisien dan hemat biaya, partisi memberikan batasan yang jelas antarruangan namun tanpa harus terasa sempit seperti menggunakan tembok. Sedangkan dari sisi sirkulasi udara, ruang yang diberi partisi akan menjadi lebih segar karena sifatnya yang tidak mengisolasi secara penuh.

Tak hanya dapat mengelompokkan ruang, partisi juga mempunyai fungsi untuk mempercantik ruangan dengan hadirnya beragam model, ornamen dan warna yang menarik. Sehingga ruang di rumah pun akan sarat dengan dekorasi yang mampu menyemarakkan suasana.

Partisi juga dapat dikreasikan layaknya Anda menghias dinding dengan pigura foto atau lukisan. Anda dapat mengecat partisi dengan warna favorit yang diinginkan, atau menambah motif-motif yang unik dan artisistik.

Sumber: architectureartdesigns.com

Sumber: minimalistdesignhomes.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: onhome.org

Sumber: palletsdesigns.com

Sumber: decoware.info

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.