Sukses


Berantas "Rumah Berantakan" dengan Lima Trik Berikut

Simak ulasan berikut tentang cara mengorganisir rumah yang selalu berantakan.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda merasa pekerjaan membereskan rumah tak pernah selesai? Jika iya, mungkin ada sedikit kesalahan yang tidak diketahui. Melalui ulasan berikut ini, Rumah.com siap membeberkan solusi dari segala permasalahan Anda agar terbebas dari “rumah berantakan”.

Pertama, tentukan tempat menyimpan setiap barang

Poin ini merupakan langkah awal dari membereskan rumah. Expert organizer di New York, Sharon Lowenheim berpendapat, “Pastikan setiap benda memiliki tempat tinggalnya.”

Gagasan ini memang benar, karena bayangkan saja jika benda seperti peralatan makan yang seharusnya ada di dapur malah berada di kamar tidur. Atau peralatan dapur yang seharusnya tidak tergeletak di ruang tamu, dan sebagainya. Kebiasaan ini tentu saja akan membuat rumah terus menerus berantakan dan menyulitkan Anda saat mencarinya.

Dengan mengetahui tempat menyimpan setiap barang, Anda tidak hanya memudahkan diri sendiri, tetapi juga menjaga kondisi rumah agar tetap terorganisir.

Kedua, jangan perbanyak barang

Siasat lain untuk menjaga rumah tetap terorganisir adalah menghindari penggunaan banyak barang. Pisahkan mana benda-benda yang dibutuhkan sehari-hari dengan yang tidak. Jika jarang dibutuhkan tempatkan saja pada gudang penyimpanan.

Menumpuk satu barang diatas barang lain memang sudah menjadi kebiasaan hampir seluruh anggota keluarga. Terlebih ketika sedang sibuk dan merasa tidak punya waktu untuk menyimpannya dengan baik.

Nah, hobi seperti inilah yang seharusnya mulai dijauhi. Ingat, bahwa menyimpan barang di tempat asalnya dan bukan diatas barang lain, akan membuat rumah tampil rapi setiap saat.

Ketiga, aturan 20:80

Apa itu 20:80? Ini merupakan angka rata-rata bahwa sebanyak 80% pakaian di lemari, hanya 20% nya yang selalu dipilih untuk dikenakan. Tentu ini bukanlah kondisi yang baik dan hanya akan membuat lemari Anda penuh sesak, serta berujung pada situasi kamar tidur yang amburadul.

Untuk itu, mulai kurangi isi lemari Anda dengan memilah pakaian yang sudah tidak lagi disukai. Bila kondisinya masih layak pakai, Anda bisa menyumbang hasil bersih-bersih ini kepada masyarakat yang tidak mampu.

Keempat, hindari beli tempat penyimpanan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan ketika ingin mengorganisir rumah yaitu membeli tempat penyimpanan. Beberapa orang menganggap tempat penyimpanan adalah solusi merapikan rumah yang efektif dan efisien.

Rupanya, solusi ini bukan langkah yang tepat. Mengingat ukuran tempat penyimpanan justru memakan lebih banyak tempat dan menjadikan rumah terkesan sempit.

Kelima, sedia lap di seluruh ruangan

Lap pembersih, baik itu tisu atau serbet di setiap ruangan akan memudahkan Anda ketika ada tumpahan air atau kuah sup yang tercecer. Jadi, Anda hanya perlu mengambil dan segera mengelapnya agar tak terinjak orang lain yang bisa membuat lantai rumah menjadi kotor. Terutama bila Anda memiliki anak kecil di dalam rumah.

Selamat mencoba!

Foto: rismedia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.