Sukses


Bereskan Rumah di Malam Hari untuk Pagi yang Produktif

Pagi hari bisa menjadi waktu yang sangat sempit untuk melakukan semua pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari bisa menjadi waktu yang sangat sempit untuk melakukan semua pekerjaan. Selain disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga, masih ada tugas membuat sarapan dan membantu anak-anak bersiap-siap ke sekolah.

Bagi orang yang menyukai kerapian dan kebersihan, situasi yang berantakan akan membuat pagi Anda menjadi tidak produktif.

Sebenarnya Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 30 di malam hari untuk membersihkan rumah. Hal ini terbukti membuat pagi hari Anda lebih terasa damai, karena semua sudah terorganisir dengan baik.

Dilansir dari RumahCom, ini tips membersihkan rumah di malam hari yang bisa Anda praktikkan:

Mulai dari atas

Untuk membersihkan semua ruangan, mulailah dari bagian atas ke bawah, sehingga semua kotoran dan debu akan jatuh ke lantai.

Mulai dari langit-langit rumah, kemudian perabotan rumah tangga. Bersihkan lantai sebagai langkah terakhir untuk membuang semua debu dan kotoran.

Kamar tidur

Bersihkan barang-barang yang berserakan di dalam kamar tidur Anda. Untuk membuat lebih cepat, sediakan satu keranjang atau wadah guna menyimpan barang-barang tersebut sementara waktu. Lap semua perabotan yang berada di kamar Anda menggunakan semprotan khusus perabotan.

Kamar mandi

Periksa kamar mandi apakah masih ada peralatan yang berserakan atau botol tempat menyimpan sabun atau shampo ada yang terbuka, kemudian rapikan. Bersihkan kaca kamar mandi serta pel bagian dalam kamar mandi hingga bersih dan kering.

Ruang keluarga

Rapikan semua barang seperti mainan dan buku yang berserakan. Mulai bersihkan semua debu dan kotoran dari salah satu sudut.

Jika ada kipas angin, bersihkan terlebih dahulu. Terakhir, gunakan pengisap debu untuk membersihkan karpet di ruang keluarga Anda.

Dapur

Cuci semua piring kotor dan atur di rak, kemudian lanjutkan dengan mengeringkan meja dapur. Anda juga bisa menggunakan spons. Rendam dengan air hangat, kemudian lap meja menggunakan spons tersebut.

Setelah selesai mengelap, remas spons hingga airnya keluar. Anda akan terkejut berapa banyak kotoran yang rontok dari spons tersebut.

Bersihkan kompor, lepaskan tungku kompor dan bersihkan sisa-sisa minyak dan juga makanan bila ada. Terakhir, tutup dengan mengepel lantai dapur.

Jika Anda ingin membersihkan oven, bisa dilakukan di malam hari selagi Anda tidur. Caranya, siapkan bubuk amoniak, tuang ke dalam mangkuk yang tahan panas oven, kemudian masukan mangkuk ke dalam oven dalam keadaan mati.

Diamkan semalaman. Di pagi hari semua kotoran yang terdapat di oven akan melunak, Anda bisa langsung membersihkannya dengan spons yang kering dan bersih.

Bersihkan Seluruh Lantai Rumah

Gunakan pengisap debu untuk membersihkan kamar yang menggunakan karpet. Bersihkan dengan cepat dari arah dalam keluar ruangan untuk menghemat waktu.

Bersihkan juga bagian pojok ruangan. Anda bisa menggunakan alat pel modern yang saat ini banyak dijual di toko untuk menghemat waktu.

(Mita Agustina/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.