Sukses


Warna Cat Tembok Unik untuk Kamar Anak Laki-laki

Ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa anak lebih menyukai bermain di luar rumah. Lalu bagaimana solusinya?

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa anak lebih menyukai bermain di luar rumah. Satu dari berbagai alasan tersebut adalah suasana rumah yang membosankan.

Nah, cara yang bisa orang tua lakukan adalah dengan memulai membuat zona nyaman mereka di dalam rumah. Hal itu dimulai dari kamar tidur mereka sendiri. Rasa nyaman bisa dihasilkan dengan warna-warna cat tembok yang bisa menumbuhkan karakter dan motivasi pada diri anak.

Berikut rekomendasi tiga kombinasi cat tembok yang menarik untuk kamar anak laki-laki, seperti dilansir dari www.rumah.com seperti ditulis Minggu (28/2/2016):

Warna cat tembok membentuk garis
Menggunakan warna cat tembok dengan satu warna (solid color) pada dinding merupakan hal yang biasa diterapkan pada kebanyakan rumah. Misalnya, pada dinding hanya dicat warna putih saja, atau hijau saja. Hal itu juga serupa dengan penerapan pada dinding kamar tidur. Ternyata, Anda perlu mencoba penerapan warna dengan menggunakan corak strip, yang menggunakan lebih dari dua warna.

Susunan warna yang banyak ternyata dapat membantu dalam membuat pengaturan yang indah, bersemangat, dan mempesona. Penggunaan warna ini akan tepat untuk anak usia fase transisi dari anak menuju remaja.


Penggunaan empat warna seperti biru, cokelat, putih, dan krem cukup terlihat luar biasa dan tetap memberikan kesan ceria.


Menggunakan susunan warna cat yang membentuk sebuah garis horizontal dengan ukuran sedikit lebar juga bisa memberikan kesan nyaman.


Selain membentuk garis horizontal, Anda juga bisa membentuk memanjang vertikal. Menggunakan dua warna merah dan putih memberikan kesan dunia fantasi pada benak anak.


Menciptakan ruangan yang menarik tidak hanya asal memilih warna. Akan tetapi pemilihan warna ditentukan juga dengan unsur warna lain seperti bed cover atau gorden.


Contoh lain juga menggunakan dua warna seperti putih dan orange ini tepat untuk ruangan yang sedikit sempit. Karena warna putih memberikan kesan luas dan oranye akan memberikan kesan terang. Sedikit murral juga bisa Anda aplikasikan seperti mobil dan jalan yang terlihat pada gambar ini.

Perpaduan warna biru dan putih
Apakah anak Anda memiliki kecenderungan menyukai hal-hal dalam membaca di dalam kamarnya? Menggunakan paduan warna biru dan putih ini juga bisa menjadi pilihan warna cat yang bisa mendukung aktivitas dan kegemaran anak Anda.

Warna biru identik dengan ketenangan. Karena ada unsur laut yang juga bisa memberikan ketenangan untuk beristirahat.

Apabila anak Anda memiliki imajinasi yang cukup tinggi seperti di dalam dongeng pada buku cerita favorit mereka, kini saatnya Anda mewujudkan imajinasi mereka menjadi nyata. Furnitur lain seperti papan selancar dan bintang laut bisa menjadi pelengkap yang menarik.

Kelebihan lainnya dari warna biru ini adalah fleksibilitas yang bisa diterapkan pada kamar anak-anak dan juga remaja. Warna biru biasa dikombinasikan dengan warna putih dan merah. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa memberikan kesan cerah seperti orange dan kuning.


Warna biru yang sediit tebal pada dinding ternyata bisa memberikan kesan maskulin dan suasana yang nyaman.


Membuat kamar tidur anak sedikit dewasa, seperti pada gambar ini juga bisa menjawab kecemasan para orang tua yang melihat anaknya tumbuh cepat.


Contoh pada gambar ini memadukan dua warna biru dongker dan biru muda. Mural pada dinding yang menyerupai peta lokasi dan kapal pesiar membawa imajinasi sang anak untuk mencari harta karun.

Beri sentuhan mimpi yang dimiliki sang anak
Menciptakan kamar tidur pada anak sebaiknya tidak hanya menciptakan karkater tetapi juga harus bisa menumbuhkan motivasi positif pada anak. Misalnya dapat menunjang mimpi di masa depan sang anak.

Caranya, bisa menggunakan cat untuk menambahkan sentuhan ekstra dengan membentuk aksen mural. Temanya beragam sesuai dengan minat dan cita-cita yang dimiliki sang anak.

Apabila anak Anda memiliki cita-cita sebagai pemain bola, maka ciptakan suasana kamar tidur yang mencerminkan minat mereka. Hal lain yang juga bisa menjadi pendukung antara lain: gambar idola, klub favorit, kutipan inspiratif, dan beberapa furnitur yang menunjukkan minta anak.

Ide ini akan memberikan motivasi dalam diri anak ketika mereka berada dalam kamar. Seketika itu juga Ia akan bertekad pada diri sendiri untuk mengejar cita-cita mereka agar terwujud.

Seorang Motivator Marwah Daud, pernah berujar bahwa kalimat yang berulang-ulang menerpa pada diri seseorang, akan menumbuhkan motivasi untuk mewujudkannya. Jadi, dengan Anda mencoba menciptakan suasana motivasi di dalam kamar tidur, anak Anda akan memacu anak tanpa terkesan paksaan dari Anda.


Penggunaan cat tembok yang disesuaikan dengan warna dominan pada furnitur dan tema keseluruhan bisa menjadi ide menarik bagi anak Anda.


Menggunakan warna cat solid seperti abu-abu bisa menjadi pilihan menarik untuk kamar anak laki-laki. Kamar tidur juga memiliki kesan luas. (Kantri M/Ahm)

Foto: Decoist.com
Feature picture: Pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini