Sukses


Sebelum Beli Apartemen Pertimbangkan Hal Ini!

Jangan cuma berpikir soal untungnya tinggal di apartemen saja, inilah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum beli apartemen.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata ada hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum beli apartemen. Ya, jangan cuma berpikir soal untungnya tinggal di apartemen saja seperti dekat ke tempat kerja, didukung fasilitas yang mendukung gaya hidup, hingga pemandangan indah saat bangun pagi atau cahaya lampu di malam hari, tapi pertimbangkan juga hal lainnya.

Bukan hanya soal harga tapi juga aspek lainnya seperti lokasi, status tanah, fasilitas, dan yang lainnya. Dan inilah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum beli apartemen.

  • Lokasi

Baik beli rumah atau apartemen, lokasi selalu menjadi poin penting. Apalagi apartemen. Pastikan Anda membeli apartemen yang memiliki prospek bagus berdasarkan lokasinya. Cari tahu juga apakah apartemen yang hendak dibeli banjir peminat atau tidak.

Gali informasi seputar fasilitas apa yang terdapat di sekitar apartemen pilihan Anda. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan? Cari tahu lewat review properti yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material apartemen, fasilitas, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan apartemen lain di sekitarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Status Lahan dan Area parkir

Jika Anda tidak mau terjebak kemacetan dan menghabiskan waktu di jalanan berjam-jam ketika berangkat kerja, Sebaiknya pilih apartemen yang lokasinya dekat dengan kantor. Atau mungkin pilih apartemen dekat pusat perbelanjaan dan tempat makan?

Lokasi lantai juga perlu dipertimbangkan. Jika punya anak atau tinggal bersama lansia, pilih unit di lantai rendah agar keamanan dan kenyamanan mereka tetap terjaga. Jika lift sedang bermasalah, naik tangga darurat pun jadi tidak terlalu berat.

  • Status Lahan

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah status lahannya. Apakah residensial atau komersial. Apabila status tanahnya masuk golongan komersial, maka nilai taksiran dan tagihan biaya-biaya untuk keperluan seperti listrik, air, kebersihan, akan lebih tinggi dibanding yang berstatus residensial.

  • Area Parkir

Pertimbangkan juga tempat parkir. Mayoritas apartemen hanya memberikan satu lahan parkir untuk menampung satu mobil per unit. Jika Anda memiliki lebih dari dua mobil maka siap-siap mengeluarkan dana ekstra untuk menyewa lahan parkir.

Cari tahu apakah area parkirnya berada dalam penanganan keamanan yang ketat atau tidak? Adakah petugas sekuriti yang menjaga area parkir selama 24 jam? Sebaiknya, pilih unit parkir yang berdekatan dengan lift jika tinggal bersama anak atau orang tua Anda.

3 dari 3 halaman

Fasilitas Unggulan

  • Fasilitas

Ada banyak apartemen yang menawarkan fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, taman bermain anak hingga ruang serbaguna untuk menunjang berbagai kebutuhan penggunanya. Meski demikian, jika Anda membeli properti sub-sale akan sangat bijaksana untuk memeriksa setiap kondisi fasilitas-fasilitas yang tersedia.

Anda tidak mau membayar biaya keanggotaan di pusat kebugaran jika alat-alatnya banyak yang rusak, bukan?! Cek juga cicilan KPR atau KPA Anda per bulannya lewat kalkulator KPR.

Lantas apalagi hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum beli apartemen agar memperoleh tempat tinggal yang nyaman dan aman? Simak artikel lengkapnya hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.