Sukses


Survei: Daftar Harga Rumah Paling Diminati di Tahun 2018

Harga hunian terus naik setiap tahun, namun hasil survei menempatkan 'Harga Properti' di posisi kelima. Lantas berapa harga rumah paling diminati di tahun 2018?

Liputan6.com, Jakarta Harga hunian, baik rumah maupun apartemen, memang terus naik setiap tahunnya. Bisa dimaklumi karena makin lama ketersediaan lahan untuk hunian memang kian sedikit. Dan sebagai kebutuhan dasar, sekalipun terus naik setiap tahunnya, tetap saja banyak orang yang ingin memilikinya, membeli rumah. Dan tahukah Anda harga rumah paling diminati di tahun 2017 lalu?

Tapi sebelum mengupas harga rumah paling diminati di tahun 2018 lalu, survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 yang diselenggarakan Rumah.com bersama Iembaga riset Intuit asal Singapura, menunjukkan bahwa masyarakat lebih mengutamakan kualitas hidup, sebelum mempertimbangkan harga saat membeli rumah.

Baca juga: Survei Terbaru: 1 dari 100 Orang Indonesia Punya Properti di Luar Negeri  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Prioritas Utama

Survei juga memaparkan bahwa lokasi masih menjadi pertimbangan mayoritas responden saat diminta menyebutkan sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan ketika membeli rumah, seperti:

  • Sebanyak 92% responden mencantumkan ‘Lokasi’ sebagai salah satu faktornya
  • Sementara ada 75% mencantumkan faktor ‘Keamanan’
  • 72% mencantumkan ‘Mudah Dijangkau Transportasi Umum’
  • 65% menempatkan ‘Infrastruktur dan Fasilitas Umum’
  • 60% responden menempatkan ‘Harga Properti’ di urutan kelima

Ya, masih banyak yang menjadikan lokasi sebagai prioritas utama ketika membeli rumah. Dari hasil survei tersebut sebanyak 39% responden menempatkan Jakarta sebagai lokasi favorit untuk pembelian properti di masa depan. Lalu disusul Bogor dengan 27%, dan diikuti Depok sebanyak 23%.

Harga Rumah Paling Diminati di Tahun 2018

Dan yang menarik, sekalipun harga hunian terus naik setiap tahunnya namun hasil survei ternyata menempatkan ‘Harga Properti’ di posisi kelima, tidak berubah dibandingkan semester sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Harga Rumah Paling Diminati di Tahun 2017

Padahal berdasarkan survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 alasan di posisi pertama mengapa orang belum punya atau membeli properti adalah tidak punya uang untuk DP atau uang mukanya. Lengkapnya:

  1. Tidak punya uang muka (53%)
  2. Harga yang terlalu tinggi (32%)
  3. Belum siap (28%)

Lantas berapa harga rumah paling diminati di tahun 2018 lalu? Simak info lengkapnya hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.