Sukses


Bagi Orang yang Banyak Utang Ini Tips Mengatur Keuangannya

Punya banyak utang bukan berarti harga mati bahwa punya rumah sendiri hanya mimpi. Untuk itu simak tips mengatur keuangan bagi orang yang banyak utang.

Liputan6.com, Jakarta Mau punya rumah? Wujudkan, jangan cuma sekadar cita-cita. Tak ada alasan, sekalipun Anda punya banyak utang. Ya, punya banyak utang bukan berarti harga mati bahwa punya rumah sendiri hanya mimpi. Dan untuk keluar dari masalah Anda dan mewujudkan cita-cita punya rumah, berarti Anda butuh tips mengatur keuangan bagi orang yang banyak utang.

Ya, siapa sih yang mau punya utang? Tapi adakalanya utang memang tidak bisa dihindari, katakan saja karena situasi darurat seperti untuk biaya rumah sakit atau untuk biaya pendidikan anak. Hanya masalahnya jadi mengerikan ketika kita terjerat utang untuk hal yang konsumtif, seperti cicilan kartu kredit misalnya.

Bahkan saking 'lumrahnya' fenomena punya utang ini sampai jadi gurauan, "Hidup kurang menantang jika tidak punya utang." Nah, bagi Anda yang terlanjur banyak utang tapi tetap punya tekad kuat untuk bisa beli rumah, simak tips mengatur keuangan bagi orang yang banyak utang berikut ini. 

  • Miliki sikap optimis

Bangun keyakinan diri dan sikap optimis bahwa Anda mampu melunasi semua utang sesuai waktu yang ditentukan. Jangan sekali-kali meragukan kemampuan diri karena hal ini bisa berimbas ke diri Anda, yang terburuk bisa mengalami depresi dan khawatir terhadap masa depan.

  • Kencangkan ikat pinggang

Langkah selanjutnya untuk terbebas dari jeratan utang adalah dengan mulai menerapkan pola hidup hemat. Misalnya mengurangi jalan-jalan ke mall, makan di luar, bahkan belanja online. Lupakan dulu makanan mewah, masak saja masakan yang sederhana namun bergizi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Mengatur Keuangan

  • Stop utang konsumtif

Utang konsumtif adalah utang yang digunakan hanya untuk membeli barang-barang yang nilainya dipastikan mengalami depresiasi (penurunan) di masa depan. Misalnya membeli kendaraan bermotor, peralatan elektronik, gadget, apalagi jika pembayarannya dicicil.

Dalam kondisi banyak utang seperti ini, stop juga penggunaan kartu kredit sekalipun untuk membayar secangkir kopi di kafe langganan.

  • Susun skala prioritas

Catat semua utang sehingga Anda bisa membuat kategori utang, dari yang suku bunganya paling tinggi, utang dengan nominal besar, hingga yang sifatnya seperti pinjaman lunak. Kemudian susun skala prioritas. Misalnya utang dengan suku bunga paling tinggi wajib hukumnya untuk segera dilunasi, demikian pula dengan utang yang nominalnya paling besar.

  • Lakukan pembayaran tepat waktu

Segala niat dan usaha Anda untuk melunasi utang bakal percuma jika pembayarannya tidak tepat waktu alias telat mulu. Dan ini sama saja Anda tidak menunjukkan itikad baik dalam mengelola utang, plus malah bisa menambah beban utang Anda lagi.Ya, ada denda yang harus Anda bayarkan jika telat bayar cicilan.

Hal ini juga berlaku untuk cicilan KPR, apalagi jika Anda menunggak hingga berbulan-bulan. Dan apabila Anda punya cicilan kendaraan atau pinjaman kepada lembaga keuangan non-bank, asal tahu saja, mereka cukup ketat dalam menerapkan denda dan sanksi. Anda perlu berhati-hati atau debt collector akan menghantui hari-hari Anda!

  • Lupakan metode gali lubang tutup lubang

Hindari 'strategi' bayar utang dengan berutang lagi, ini akan membuat Anda terperosok ke lembah utang lebih dalam lagi sehingga makin sulit untuk menyelamatkan diri. Satu lubang utang mungkin bisa ditutupi dengan cara ini, namun tetap saja penghasilan Anda akan tetap berkurang untuk menutupi utang berikutnya. Belum lagi jika ternyata bunganya lebih besar dari utang sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Cara Bebas Utang Lebih Cepat

Itulah tips mengatur keuangan bagi orang yang banyak utang. Dan bila Anda mau terbebas lebih cepat dari situasi ini, simak tips berikut ini.

  • Cari penghasilan tambahan

Salah satu cara paling efektif untuk menanggulangi utang yang menumpuk adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan mulai dari mengambil pekerjaan sampingan atau membuka usaha rumahan.

Uang dari penghasilan tambahan ini bisa Anda gunakan untuk membayar utang atau malah ditabung untuk DP beli rumah nanti. Dan agar pengelolaan keuangan Anda saat mencicil rumah nanti lebih baik, simulasikan cicilan KPR-nya dengan kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

Mau tips lebih mendalam seputar mengatur keuangan bagi orang yang banyak utang? Simak artikel lengkapnya di sini, hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.