Sukses


Ini Tips Beli Rumah Seken atau Baru

Mau beli rumah seken atau baru? Apapun pilihannya, simak tipsnya di sini:

Liputan6.com, Jakarta Bingung antara mau beli rumah seken atau baru? Keduanya memang punya kelebihan sekaligus kekurangannya masing-masing. Sedang yang jadi pertimbangan orang ketika hendak membeli rumah biasanya adalah seberapa strategis lokasinya, fasilitas di sekitar hunian, infrastruktur pendukung, hingga kesesuaian harga.

Dan untuk Anda yang masih galau antara beli rumah seken atau baru, simak dulu keunggulannya masing-masing. Misalnya untuk rumah baru, keunggulannya:

  • Bangunannya baru dan bergaransi
  • Desain rumah kekinian, lebih modern
  • Sirkulasi udara dan cahaya lebih baik
  • Lebih nyaman dan aman karena didukung fasilitas seperti taman, sarana olahraga, dan keamanan lingkungan.

Sedang keunggulan rumah seken yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan pada perumahan baru seperti:

  • Lokasi yang strategis
  • Infrastruktur di sekitar hunian yang cukup lengkap
  • Harga yang ditawarkan tak selalu mengikuti harga pasaran

Jadi mau beli rumah seken atau baru? Jika pilihan Anda rumah baru, begini strateginya:

  • Lakukan Perbandingan

Pilih perumahannya di perumahan baru yang terdapat di Rumah.com. Bandingkan rumah yang akan dibeli dengan perumahan yang berada di lokasi sekitar baik dalam hal desain, kualitas bangunan, fasilitas, dan juga harganya.

Untuk mudahnya, manfaatkan review properti yang dipersembahkan Rumah.com yang mengulas secara detil dan transparan spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

  • Kumpulkan Informasi

Kumpulkan segala informasi selengkap mungkin terkait perumahan yang akan dibeli. Mulai dari legalitasnya seperti status tanah dan bangunan, fasilitas dan keunggulannya, dan lain sebagainya. Dan jika rumahnya tidak ready stok atau inden pastikan dengan jelas waktu serah terimanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Beli Rumah Baru

  • Survei Langsung ke Rumahnya

Perhatikan kondisi lingkungan sekitar mulai dari akses ke lokasi, keamanan lingkungan, kebersihan, dan lain sebagainya. Jika rumahnya ready stok teliti kondisi bangunan, tata letak, dan interior rumahnya. Jelajahi setiap ruangan dan tanyakan semua secara detail kepada pengembang.

  • Pelajari Harga Pasar

Kumpulkan dan bandingkan harga-harga rumah di wilayah tersebut dengan jenis atau tipe rumah yang sama. Dengan mempelajari pasaran harga, akan ditemukan harga yang terbilang wajar dan tidak mahal, bahkan juga potensial jika dijadikan investasi.

Cara mudahnya manfaatkan Rumah.com Property Index. Anda bisa menggali informasi properti secara komprehensif, mulai dari lokasi properti favorit konsumen, hingga ke harga hunian baik perumahan maupun apartemen di Indonesia.

  • Minta Pendapat Pihak Ketiga

Mintalah pendapat dari pihak lain untuk rumah idaman Anda. Pihak ketiga yang perlu dimintai pendapat antara lain pasangan, keluarga, dan mungkin juga sahabat.

Dan yang tak kalah pentingnya penilaian dari agen properti profesional yang bisa Anda temukan di Rumah.com yang dapat membantu transaksi pembelian rumah Anda. Selain memahami prosedur transaksi jual beli rumah, mereka juga memahami perkembangan hingga pergerakan harga pada area spesialisasinya.

  • Pilih Bank KPR dengan Cerdas

Tiap bank umumnya punya banyak pilihan dan juga penawaran menarik terkait skema pembayaran dan suku bunga cicilan KPR. Bandingkan beberapa bank, dan pilih yang terbaik dan cocok untuk Anda.

3 dari 3 halaman

Tips Beli Rumah Seken

Namun jika pilihan Anda ternyata rumah seken harus lebih cermat. Terlebih jika membeli dengan pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR). Simak tipsnya:

  • Survei Lapangan

Jangan terburu-buru menentukan pilihan. Pilih beberapa rumah bekas dan lakukan survei untuk melihat kondisi rumahnya langsung. Lakukan perbandingan dengan mempertimbangkan kondisi rumah, harga, lokasi, dan fasilitas lainnya.

Jika sudah, tentukan rumah yang akan Anda pilih, namun jangan langsung sepakat untuk membeli. Lakukan survei sekali lagi untuk melihat kondisi rumah lebih detil. Ini penting agar Anda tidak merasa tertipu setelahnya.

  • Manfaatkan Jasa Agen

Membeli rumah yang dijual tanpa perantara mungkin memang menguntungkan karena Anda bisa saja mendapatkan harga lebih murah karena tak perlu membayar komisi. Tapi ingat, membeli properti bekas lebih banyak risikonya terkait kondisi bangunan atau legalitasnya. Jadi untuk amannya, Anda bisa manfaatkan jasa agen properti yang berpengalaman untuk urusan seperti ini.

Ingin tahu tips lengkap seputar beli rumah seken atau baru? Simak artikel lengkapnya di link ini, hanya di Rumah.com.

 

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.