Sukses


Tinggal di Bekasi, Kerja di Jakarta Kini Semakin Mudah

Selain kereta commuter line, yang terbaru dan bisa dinikmati adalah Transjabodetabek Premium.D

Liputan6.com, Jakarta Kota Bekasi saat ini dinilai punya potensi prestisius dengan perkembangan kotanya yang begitu pesat. Ini ditandai dengan akan hadirnya Light Rapid Transit (LRT), serta Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) seksi I yang sudah beroperasi pada awal November 2017.

Imbas dari prospek infrastruktur pun menjalar ke sektor properti. Tercatat di enam bulan terakhir 2017, median harga properti di Bekasi mencapai angka Rp7,64 juta/meter persegi. Sebelumnya, di Q2 2017 berkisar Rp7,58 juta/meter persegi.

Ini merupakan sinyal positif bahwa properti di Kota Patriot kembali bergeliat meski harus diakui pada Q4 2016 sempat mencapai Rp7,71 juta/meter persegi. Demikian seperti dirangkum dalam Rumah.com Property Index.

Saat ini Bekasi juga terhubung dengan berbagai moda transportasi yang memudahkan warganya dalam beraktivitas. Selain kereta commuter line, yang terbaru dan bisa dinikmati adalah Transjabodetabek Premium besutan PT Adhi Persada Properti bekerjasama dengan Perum PPD.

Menurut Agus Sitaba, Direktur Utama PT Adhi Persada Properti, dalam kehidupan tentu masalah transportasi yang terintegrasi menjadi kebutuhan dari penghuni kawasan.

“Dengan titik awal pemberangkatan dari Grand Dhika City (GDC) Jatiwarna, PPD menyediakan dua rute yaitu GDC Jatiwarna – Plaza Senayan, serta rute GDC Jatiwarna – Mall Ciputra Grogol. Sebelumnya, APP juga telah membuka rute dari salah satu proyek lainnya, yaitu rute GDC Bekasi Timur – Paragon,” katanya.

Transjabodetabek Premium dilengkapi WiFi, stop kontak untuk mengisi daya gadget, serta sound system. Tidak hanya itu, setiap bangku penumpang didesain lebih nyaman lantaran posisinya yang bisa disesuaikanJarak antar bangku juga lebih lega.

Saat ini, sudah ada 400 bus yang beroperasi dan ditargetkan akan ada 600 bus di beberapa tahun mendatang. Dengan menggunakan Transjabodetabek Premium, penumpang diperkirakan bisa mencapai lokasi tujuan tidak lebih dari satu jam.

Kedepannya, trayek transportasi umum ini dapat disesuaikan dengan jalur-jalur menuju stasiun LRT guna memudahkan masyarakat menuju pusat kota. Simak juga: Rumah Baru di Bekasi Dekat Pintu Tol

“Jadi kami punya target menjemput warga. Jika selama ini warga yang datang ke halte, sekarang diubah menjadi kami yang jemput. Sehingga diharapkan masyarakat mau shifting dari kendaraan pribadi ke angkutan umum,” ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono saat ditemui Rumah.com.

Ia menambahkan, kehadiran akses transportasi juga seringkali berpengaruh terhadap prospek properti yang ada di sekitarnya. “Apalagi kondisi jalan di Jabodetabek saat ini sudah berada di titik jenuh mendekati angka satu. Jadi masyarakat butuh sarana yang efektif dan efisien.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Angka Kemacetan

Sementara itu Pande Putu Yasa selaku Direktur Utama Perum PPD mengatakan, “Tujuan pengoperasian layanan ini merupakan salah satu bentuk peran serta dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta, khususnya di jalur Tol JORR.

“Kami berharap pengoperasian layanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum selain juga sebagai alternatif ataupun solusi, sehingga masyarakat dapat menjadikan budaya naik angkutan umum sebagai gaya hidup,” katanya.

Transjabodetabek Premium Rute Grandhika City Lifestyle Jatiwarna – Plaza Senayan dalam sehari memiliki tiga jadwal keberangkatan. Diantaranya jam 05.30 WIB, 05.45 WIB dan 06.00 WIB dari Grandhika City Lifestyle Jatiwarna.

Sedangkan dari Plaza Senayan juga memiliki tiga jadwal  keberangkatan, yaitu 15.30 WIB, 16.00 WIB dan 16.30 WIB.

Untuk Rute Grandhika City Lifestyle Jatiwarna – Mall Ciputra Grogol memiliki tiga kali keberangkatan, yaitu 05.30 WIB, 05.45 WIB dan 06.00 WIB. Sedangkan dari Mall Ciputra Grogol 3 jadwal keberangkatannya adalah 16.30 WIB, 17.00 WIB, dan 17.30 WIB.

Bekasi adalah salah satu kota yang berkembang sangat pesat dalam lima tahun terakhir. Pertambahan jumlah penduduk, baik secara alamiah maupun karena faktor urbanisasi, tercatat masuk kategori tertinggi dibanding wilayah penyangga Jakarta lainnya.

Baca juga: Bekasi Siap Tandingi Harga Properti Jakarta

Begitu pula pertumbuhan jumlah kendaraan sebagai moda untuk mobilitas, menunjukkan angka yang sangat tinggi. Di sisi lain kemampuan pemerintah untuk menambah dan meningatkan kualitas jalan sangat terbatas dan pertambahan sangat tidak signifikan dengan pertumbuhan penduduk.

“Karena itu pelayanan transportasi masal sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan problemkemacetan dan transportasi di masa sekarang dan yang akan datang,” tukas Putu.

Tertarik punya rumah tapak atau apartemen di Bekasi? Yuk, intip apa saja pilihan propertinya lewat kanal Perumahan Baru Rumah.com yang menampilkan harga mulai Rp400 jutaan.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.