Sukses


Cara Mudah Menghitung Cicilan KPR untuk Milenial

Masih muda dan berencana beli rumah? Simak tips menghitung cicilan KPR untuk milenial berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Masih muda dan berencana untuk beli rumah? Itu keren dan juga keputusan yang smart. Sebab bagi Anda yang termasuk generasi milenial masih belum banyak pengeluaran dan juga tanggungjawab. Tambah lagi jika cara pembayarannya melalui cicilan KPR, Anda berkesempatan punya jangka waktu pembayaran yang lebih panjang.

Baca juga: Panduan Beli Apartemen untuk Generasi Milenial

Namun apabila Anda berencana membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR dari bank pastikan agar lebih teliti dan cermat. Ya, jangan sampai salah perhitungan karena akibatnya bisa bikin cicilan KPR jadi tidak lancar. Untuk itu simak tips menghitung cicilan KPR untuk milenial berikut ini.

  • Pada umumnya bank mematok nominal cicilan per bulan tak lebih dari 30% dari total penghasilan. Jika sudah menikah dan pasangan juga bekerja jumlah cicilannya bisa lebih besar karena bisa joint income. Kebijakan ini diambil demi kepentingan nasabah sendiri, agar sisa penghasilan bisa digunakan untuk keperluan hidup lain.
  • Besarnya cicilan KPR ditentukan dari besarnya uang muka dan jangka waktu KPR. Bila Anda ingin mendapat plafon kredit tinggi dengan cicilan rendah, bayarlah uang muka dengan nilai besar. Asumsinya dengan jangka waktu tetap: makin besar uang muka, makin kecil pula cicilannya.
  • Jika tak mampu membayar uang muka dengan jumlah besar, tetapi ingin cicilan tetap rendah, pilihlah KPR dengan jangka waktu panjang. Saat ini banyak bank yang memberikan jangka waktu cicilan (tenor) KPR selama 20 tahun, cocok bagi Anda yang termasuk generasi milenial. Akan tetapi perlu diingat, semakin panjang jangka waktu cicilan, makin banyak pula uang yang harus Anda bayarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Hitung Cicilan KPR

Simak panduan punya rumah untuk generasi milenial.

Misalnya nilai KPR yang hendak diajukan Rp200 juta dengan bunga efektif 12% per tahun. Jika Anda mengambil KPR berjangka waktu lima tahun, Anda perlu mencicil pokok plus bunga sebesar Rp 4.448.889 per bulan. Itu berarti total uang yang harus Anda setor ke bank sebesar Rp266.933.340.

Mau tahu cara menghitung cicilan KPR secara lebih jelas? Simak artikelnya lengkapnya hanya di Rumah.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.