Sukses


Baru Lulus Kuliah Mau Beli Rumah? Ini Caranya!

Apakah Anda merupakan fresh graduate dan ingin memiliki rumah sendiri? Simak strategi mewujudkannya!

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang baru menyelesaikan studi di perguruan tinggi, bekerja di sebuah perusahaan pasti menjadi tahap hidup selanjutnya. Dan saat sudah bekerja, penghasilan rutin yang diterima tiap bulannya ada baiknya jangan dihabiskan begitu saja tanpa ada hasil yang berarti.

Oleh karenanya, untuk Anda yang ingin mengalokasikan penghasilan ke bentuk investasi seperti rumah, ada sejumlah trik jitu yang patut diaplikasikan. Apa sajakah itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Catat pengeluaran tetap

(Rumah baru di Bodetabek harga mulai Rp300 juta, mau?)

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencatat pengeluaran tetap setiap bulan. Dana ini biasanya mencakup sekitar 30-40 persen dari penghasilan.

Dengan mencatat semua pengeluaran di awal, nantinya Anda akan lebih mudah mengestimasi jumlah uang yang dapat Anda tabung setiap bulannya. Mencatat pengeluaran juga bisa menjadi pengingat kita agar tidak menggunakan uang melenceng dari seharusnya.

3 dari 3 halaman

Gunakan sistem autodebet

(Jangan dulu bayar DP rumah sebelum menyimak Review Properti)

Menabung memang sulit, seringkali bertabrakan dengan keinginan kita. Biar dapat rutin menabung, ada baiknya Anda membuka tabungan khusus berjangka yang menggunakan sistem autodebet.

Lakukan autodebet di tanggal Anda mendapat gaji. Dengan begitu, Anda tak akan terlewat untuk menabung. Jika sejak awal sudah menggunakan sistem ini, bukan tidak mungkin Anda akan bebas finasial di usia 30 tahun.

Mau tahu strategi selanjutnya? Baca lebih lengkap artikelnya di Rumah.com!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini