Sukses


Rekomendasi Hunian dengan Kemudahan Akses Transportasi

Mau punya hunian dengan harga terjangkau namun dengan kemudahan akses transportasi? Simak daftar hunian rekomendasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ketika akan membeli rumah, yang pertama kali dipertimbangkan orang umumnya adalah lokasi. Namun lokasi yang sangat strategis, seperti di pusat kota yang dekat pusat bisnis atau tempat kerja, harganya sudah pasti sangat tinggi. Akhirnya kebanyakan orang akan menjatuhkan pilihan membeli hunian di pinggiran kota.

Baca juga: Cari-cari Rumah? Banten dan Bogor Sama-sama Punya Akses Mudah

Tentu saja dengan beragam ‘persyaratan’ seperti misalnya didukung kemudahan akses transportasi. Dulu mungkin pilihan huniannya cuma sedikit, tapi kini tidak lagi karena saat ini sudah banyak daftar hunian rekomendasi dengan kemudahan akses transportasi atau hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi massal atau yang dikenal dengan istilah TOD.

TOD atau Transit Oriented Development sendiri merupakan salah satu pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dengan maksimalisasi penggunaan angkutan massal, seperti TransJakarta, commuter line, MRT, kereta api ringan (LRT), dan dilengkapi dengan jaringan jalan pejalan kaki serta sepeda.

Pada kawasan TOD akan berdiri beberapa bangunan vertikal dengan varian fungsi seperti rumah susun, sekolah, pasar, perkantoran, apartment, pusat perbelanjaan, dan hotel. Kawasan TOD juga akan saling terintegrasi dengan kawasan TOD lainnya.

Menurut Subianto Satmaka, Direktur Utama PT Hutama Anugrah Propertindo yang tengah mengembangkan proyek Serpong Garden Apartment, hunian berkonsep TOD paling diminati saat ini dan di masa mendatang. Untuk mengetahui dinamika pasar properti Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli, temukan di Rumah.com Property Affordability Sentiment Index.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hunian dengan Kemudahan Akses

“Terutama bagi eksekutif muda dan pasangan muda atau milenial yang bekerja di CBD Sudirman, Thamrin, dan Kuningan Jakarta yang telah menggunakan commuter line sebagai sarana transportasinya. Dan berkaca dari pengalaman di luar negeri, setiap apartemen yang dekat dengan sarana transportasi nilai investasinya cenderung cepat meningkat,” jelasnya.

Jadi mau punya hunian dengan harga terjangkau namun dengan kemudahan akses transportasi? Simak daftar hunian rekomendasi dengan kemudahan akses transportasi berikut ini.

  • BOGOR

Pada kawasan ini terdapat beberapa hunian yang menawarkan kemudahan akses transportasi mulai dari stasiun kereta api, feeder busway, hingga LRT. Sebut saja seperti Samira Residence yang hanya 1.2 km dari exit tol Sentul Selatan, 1 km ke pintu masuk tol BORR dan 1.5 km dari stasiun LRT.

Lalu The Avenue Residence yang juga 5 menit Tol Cikeas, 10 menit ke stasiun LRT, 12 menit Tol Depok, dan 20 menit Tol Cibubur. Dan Terrascottta Residence yang hanya 1 km ke Stasiun Cilebut, 50 meter akses Angkot 24 jam, dan 15 menit akses tol BORR dan Sentul.

Simak keunggulan hunian dengan konsep TOD di sini.

Mau tahu daftar hunian rekomendasi dengan kemudahan akses transportasi lebih jauh? Baca lebih jauh artikelnya hanya di Rumah.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.