Sukses


Asuransikan Rumah Anda dan Nikmati Manfaatnya

Ada banyak manfaat yang engan mengasuransikan rumah. Dan berikut adalah beberapa alasan pentingnya mengasuransikan rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Seberapa pentingnya sih mengasuransikan rumah? Pertanyaan ini mungkin akan terlontar oleh Anda yang sedang mengajukan KPR ke bank. Bukan apa-apa, dengan begitu Anda pasti jadi akan berasumsi bahwa harus menyiapkan dana tambahan selain pembayaran DP rumahnya.

Baca juga: Kenali Bentuk Asuransi yang Diberikan Bank dalam KPR

Padahal ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan mengasuransikan rumah. Ingat rumah merupakan aset berharga yang punya nilai investasi sehingga tentu saja wajib Anda lindungi. Untuk mengetahui potensi nilai investasi rumah Anda, telusuri Rumah.com Property Index,  sehingga Anda bisa tahu timing buyer, kenapa harga turun atau naik, hingga penyebab yang mendasarinya.

Dan berikut adalah beberapa alasan pentingnya mengasuransikan rumah Anda menurut Rumah.com.

  • Melindungi nilai rumah Anda

Rumah merupakan salah satu investasi terbesar yang dilakukan seseorang dalam kehidupannya. Renovasi juga bikin nilai rumah jadi meningkat. Disinilah asuransi dapat melindungi properti Anda. Misalnya ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan nilai investasi Anda tersebut.

  • Melindungi dari tuntutan hukum

Saat ini, banyak asuransi rumah yang juga memberikan perlindungan tidak hanya pada kondisi fisik rumah tetapi juga risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di dalam rumah. Manfaat ini juga dapat melindungi Anda dari tuntutan hukum jika ada seseorang yang terluka akibat kecelakaan di rumah Anda.

  • Memberikan penggantian jika terjadi kerusakan

Asuransi rumah akan memberikan penggantian atau perbaikan jika rumah Anda mengalami kerusakan akibat kebakaran, angin ribut, gempa bumi, dan bencana alam lain – namun tidak termasuk banjir atau bencana akibat perbuatan manusia.

Beberapa asuransi ada juga yang memberikan manfaat untuk melindungi kerusakan akibat sengatan listrik atau kerusakan pipa air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Asuransi Rumah

  • Sebagai syarat pinjaman

Beberapa lembaga keuangan memberikan syarat untuk memiliki asuransi rumah sebelum Anda mengajukan sebuah pinjaman. Tujuannya memastikan bahwa pinjaman dapat dilunasi dengan tepat waktu dan rumah yang Anda tempati aman dari musibah seperti kebakaran atau resiko lain.

Sebagai catatan, bisa jadi nilai yang harus dibayar untuk pinjaman menjadi lebih mahal karena ada premi asuransi. Jika memungkinkan, beli asuransi rumah di luar pembayaran cicilan. Saat pengajuan kredit rumah Anda pun diwajibkan untuk mengasuransikan hunian Anda.

Mau beli rumah? Ini cara menentukann jangka waktunya.

  • Memberikan tempat sementara ketika bencana terjadi

Perusahaan asuransi juga ada yang memberikan tempat perlindungan sementara ketika bencana alam terjadi. Misal ketika sebuah pohon jatuh dan membuat atap rumah menjadi rusak sehingga penghuninya tidak bisa beristirahat di rumah untuk sementara waktu. Asuransi akan memberikan biaya akomodasi hingga rumah Anda selesai diperbaiki.

  • Melindungi dari perampokan dan pencurian

Asuransi juga dapat melindungi dari perampokan atau pencurian di rumah. Jika ada yang mencuri harta benda Anda, asuransi akan menghitung berapa nilai harta yang hilang dan akan menggantinya.

Agar proses penggantian berjalan mulus pastikan Anda selalu mencatat seluruh harta benda yang ada di rumah, tidak hanya dalam bentuk dokumen tetapi lengkapi dengan foto serta tanda pembelian.

Itulah pentingnya mengasuransikan rumah Anda. Ingat, asuransi rumah wajib bagi pengajuan pembelian rumah dengan KPR. Dan untuk pilihan rumah dengan harga mulai dari Rp500 jutaan dengan promo free biaya atau potongan harga, cek di sini!

“Hanya Rumah.com yang Percaya Anda Semua Bisa Punya Rumah”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.