Sukses


Anda Akan Sulit Punya Rumah Jika Rumah Anda Masih Berantakan

Rumah yang berantakan bikin Anda sulit punya rumah, sulit mengumpulkan uang untuk DP beli rumah. Simak alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang berantakan bikin Anda sulit punya rumah? Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa korelasinya, karena tak ada hubungannya antara rumah yang berantakan dengan proses pengajuan KPR untuk rumah yang Anda incar.

Begini ilustrasinya: Bagi Anda yang senang menumpuk barang di rumah umumnya berpikir bahwa suatu saat barang-barang tersebut bisa digunakannya, misalnya seperti perlengkapan bayi. Padahal barang yang menumpuk terlalu banyak bisa menjadi masalah, bahkan dari segi keuangan.

Baca juga: Punya Rumah di Bogor Tetap Bisa Santai ke Kantor

Ya, barang yang Anda simpan dengan maksud agar bisa berhemat suatu hari nanti justru malah akan menguras uang Anda. Itu sebab rumah yang berantakan bikin Anda sulit punya rumah, sulit mengumpulkan uang untuk DP beli rumah. Dan menurut Rumah.com inilah biaya yang mungkin timbul akibat rumah yang berantakan.

  • Membeli ulang barang yang tidak dapat ditemukan di rumah

Apa yang Anda lakukan ketika membutuhkan sebuah barang tetapi tidak dapat menemukannya? Kemungkinan Anda akan membelinya lagi, itu artinya menghabiskan uang lagi. Jika hal seperti ini terus terjadi maka uang yang dikeluarkan akan semakin banyak lagi. Dan ini bikin rumah semakin berantakan.

  • Terlambat membayar tagihan

Rumah yang berantakan dengan tumpukan barang bisa jadi bikin Anda sulit menemukan dokumen atau tagihan penting yang seharusnya dibayar dalam waktu dekat. Keterlambatan ini akan menimbulkan denda yang justru menambah tagihan. Ujung-ujungnya jadi mengurangi tabungan DP rumah.

Penasaran mau tahu jumlah tagihan cicilan bulanan KPR rumah idaman Anda? Simulasikan lewat kalkulator keterjangkauan.

  • Banyak barang yang tidak dibutuhkan

Tidak semua barang yang Anda simpan akan digunakan suatu hari. Beberapa barang bahkan tidak cocok jika hanya menjadi sebuah tumpukan. Misalnya, Anda membeli sepatu untuk pasangan namun sayangnya tidak cukup dan akhirnya hanya disimpan di dalam kamar. Padahal bisa dijual ke teman atau online.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Berantakan Sulit Punya Rumah

  • Bikin depresi

Walaupun efek depresi termasuk dalam efek emosional, namun sebenarnya depresi juga bisa mempengaruhi keuangan. Ketika merasa sedih, kita cenderung membuat keputusan yang tidak bijak terutama dalam hal membelanjakan uang.

Bahkan rumah yang berantakan bisa menjadi ganjalan Anda untuk membuat sebuah bisnis sampingan yang menguntungkan dari rumah.

Mau cicilan rumah cepat lunas? Ini tipsnya.

 

  • Jadi lebih senang di luar rumah

Di beberapa kasus, rumah yang berantakan justru membuat Anda menjadi tidak betah di rumah. Anda lebih memilih makan di luar daripada di rumah. Ketika mengadakan sebuah acara Anda lebih suka mengajak teman-teman keluar daripada mengadakannya di rumah. Padahal Anda bisa lebih berhemat bila melakukan aktivitas di rumah.

  • Jadi lebih sering membeli barang

Karena kebiasaan menumpuk barang, saat Anda membeli barang yang memang dibutuhkan justru barang tersebut hanya akan jadi tumpukan barang karena tidak punya tempat penyimpanan. Akhirnya hanya disimpan di kantong belanja dan jadi tidak berguna, uang yang dikeluarkan pun jadi sia-sia.

Itulah efek rumah berantakan, bikin Anda sulit punya rumah. Nah, untuk pilihan rumah murah dengan desain mewah, cek di sini mulai harga Rp500 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.