Sukses


Cara Punya Rumah yang Aman dan Mudah Buat yang Baru Menikah

Buat Anda yang baru menikah, simak cara punya rumah yang aman dan mudah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Baru menikah? Baca artikel ini hingga tuntas agar Anda cepat punya rumah dengan aman dan mudah. Ya, tinggal di rumah milik sendiri, sekalipun ukurannya kecil, tentunya lebih nikmat ketimbang numpang di rumah mertua.

Dan beli rumah memang tak semurah dan semudah beli gorengan, tapi jika tekad Anda kuat, Anda pasti dapat. Selain rajin menabung untuk DP rumah, dalam proses berburu rumah idaman Anda juga perlu berhati-hati, bersabar, dan membuat keputusan yang bijaksana.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Wanita Tanyakan Sebelum Melangkah ke Jenjang Pernikahan

Nah, buat Anda yang baru menikah, simak cara punya rumah yang aman dan mudah dari Rumah.com berikut ini. 

  • Kelola keuangan dengan bijak

Rencanakan pengeluaran dan tabungan bersama pasangan. Hitung jumlah pendapatan, tabungan, investasi yang dimiliki, dan utang, termasuk utang kartu kredit. Buat juga anggaran pengeluaran bulanan, lunasi utang yang ada saat ini, dan sisihkan uang untuk dana darurat.

Jika Anda dan pasangan belum memiliki dana darurat, pertimbangkan untuk membuat hal ini menjadi prioritas utama supaya kondisi keuangan aman. Dana darurat dapat digunakan jika terjadi sesuatu hal yang tiba-tiba dan membutuhkan banyak biaya.

  •  Beli rumah sesuai kemampuan

Pastikan Anda dan pasangan membeli rumah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan agar semua anggota keluarga merasa nyaman. Contohnya, jika Anda yang baru menikah berencana untuk memiliki satu anak saja, rumah berukuran kecil atau apartemen mungkin pas untuk keluarga Anda

Untuk mengetahui kemampuan Anda untuk membayar cicilan KPR tiap bulan, simulasikan dengan menggunakan kalkulator keterjangkauan.

Sebaliknya, jika Anda dan pasangan berharap untuk membentuk keluarga besar, rumah yang lebih luas tentunya akan lebih nyaman daripada rumah kecil. Membeli rumah yang ukurannya kurang tepat akan memengaruhi kehidupan keluarga selama bertahun-tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Aman dan Mudah Beli Rumah

  • Lakukan riset lingkungan rumahnya

Tentukan lingkungan tempat tinggal baru Anda. Apakah Anda menginginkan lingkungan yang bebas macet sehingga tidak memperpanjang perjalanan menuju ke kantor? Atau Anda menyukai lingkungan perumahan yang dekat dengan sekolah? Cari tahu informasinya dengan calon tetangga Anda.

Beli rumah dengan KPR banyak untungnya. Cek di sini keuntungannya:

Untuk dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya, Anda juga bisa cek review properti yang disajikan Rumah.com secara obyektif dan transparan.

  • Temukan rumah impian dengan cerdas

Setiap minggu berkeliling ke beberapa area perumahan untuk menemukan rumah impian bagi keluarga Anda bisa saja terasa melelahkan dan membosankan. Maka hindari terjebak dalam proses pencarian rumah yang dapat membuat stres, lakukan cara yang mudah dan tentunya aman dan menyenangkan.

Telusuri saja aneka pilihan rumahnya di perumahan baru. Dan manfaatkan juga jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda. Cek di sini untuk pilihan rumah minimalis dengan harga mulai dari Rp500 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.