Sukses


Beginilah Perkembangan Harga Rumah di Purwokerto

Menurut catatan Rumah.com Property Index sepanjang tahun 2017, harga rumah tapak di Purwokerto mampu meningkat rata-rata 2,7% per kuartal.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan properti di Purwokerto, Jawa Tengah cukup menarik. Untuk tanah, harga jualnya bisa mencapai Rp2 juta meter persegi. Dengan catatan lokasinya bukan berada di area premium.

Sedangkan jika tanah terletak di pusat kota seperti di Jalan Sudirman, harganya bisa dipasarkan antara Rp5 juta – Rp20 juta per meter perseginya. Tinggi, bukan?

Tingginya harga tanah turut diimbangi dengan majunya perkembangan infrastruktur, misalnya dengan semakin maraknya pembangunan pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional.

Peluang investasi properti di kota ini juga kian menarik. Selain dari destinasi wisata, limpahan pangsa sewa imbas hadirnya sejumlah perguruan tinggi ternama juga layak masuk pertimbangan. Bayangkan dalam satu tahun, yield dari bisnis indekos bisa mencapai Rp15 juta.

Menurut catatan Rumah.com Property Index di sepanjang tahun 2017, harga rumah tapak di Purwokerto mampu meningkat rata-rata 2,7% per kuartal. Yang mengejutkan, dari Q4 2016 ke Q1 2017 (qtq) median harga rumah naik sebesar 8,4%.

Tren kenaikan harga juga terjadi secara berturut-turut di kuartal setelahnya. Median harga rumah di Purwokertu naik 2,35% di Q2 2017 dan 2,58% di Q3 2017. Namun di tiga bulan terakhir tahun 2017, harga justru turun -2,51%.

Melihat perkembangan harganya yang cukup signifikan, tak ada salahnya bila Anda mulai menanamkan investasi rumah tapak di Purwokerto. Berikut pilihannya dari Rumah.com.

  1. Casa Royal
Unit tipe 60 di Casa Royal dipasarkan Rp539 juta sedangkan tipe 73 dihargai Rp 687 juta.

Casa Royal merupakan proyek hunian yang dikembangkan PT. Mitra Sukses Berlian. Mengadopsi gaya desain kontemporer, fasilitas unggulan yang dihadirkan perumahan adalah Broad Band Cyberatau kawasan berwawasan internet.

Dari sisi keamanan, Casa Royal menggunakan sistem satu pintu alias one gate system sehingga akses keluar dan masuk melewati jalan yang sama. Ada juga fasilitas taman terbuka, CCTV 24 jam, musala, dan TV kabel. Soal harga, unit tipe 60 dipasarkan Rp539 juta sedangkan tipe 73 dihargai Rp 687 juta.

Simak juga: Berinvestasi Rumah Ekonomis di Kampung Halaman Jawa Tengah

  1. Permata Harmoni
Permata Harmoni dekat dengan beberapa kampus seperti Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Soedirman, dan Stikes Harapan Bangsa.

Permata Harmoni adalah salah satu perumahan di Purwokerto yang punya potensi menarik. Dari segi lokasi letak perumahan ini sangat strategis, dekat dengan beberapa kampus seperti Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Soedirman, dan Stikes Harapan Bangsa.

Selain itu, lokasi Permata Harmoni juga dekat dengan pengembangan Kota Purwokerto bagian timur. Tidak heran bila kenaikan investasi di sana bisa mencapai 15% – 22% per tahun. Harga yang ditawarkan untuk tipe 40/91 sebesar Rp269 juta dan tipe 50/98 sebesar Rp349 juta.

  1. Puri Taman Pesona Riverside Regency
Puri Taman Pesona Riverside Regency menghadirkan beberapa tipe hunian yang ideal bagi investasi.

Terakhir ada perumahan yang mengusung konsep bangunan natural sekaligus modern, dengan mengandalkan kontur tanah bernuansa alami plus pemandangan langsung Gunung Slamet. Puri Taman Pesona Riverside Regency menghadirkan beberapa tipe hunian yang ideal bagi investasi.

Lokasinya sendiri hanya 5,3km dengan Stasiun Purwokerto, dan 4,2km dengan pusat kota. Puri Taman Pesona Riverside Regency juga menawarkan walking distance dengan Perguruan Tinggi Negeri Universitas Jenderal Soedirman.

Selain Purwokerto, perumahan di wilayah lain di Jawa Tengah juga tak kalah menarik untuk dijadikan investasi. Tidak tahu apa saja pilihannya? Lihat dan temukan daftar rumah baru seharga Rp200 jutaan di Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.