Sukses


Enam Desain Rumah Minimalis Tipe 36

Tinggi plafon di rumah tipe 36 mencapi 4,2m, sehingga membuat sirkulasi udara dan cahaya bisa mengalir dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Siapa tak suka gaya rumah minimalis? Lantaran simpel dan mudah diaplikasikan pada rumah tipe kecil seperti luas bangunan 36 meter persegi, desain arsitektur ini jadi favorit hampir semua orang. Khususnya kaum milenial dan keluarga muda.

Secara umum, karakteristik rumah minimalis terlihat dari tiga warna utama yakni hitam, putih dan abu-abu. Meski begitu bukan berarti warna lain tidak mencirikan gaya minimalis. Justru perpaduan warna cerah dan netral akan menjadi sangat variatif jika dipadukan dengan baik.

Dalam mendesain rumah minimalis, catatan pertama yang perlu diperhatikan adalah usahakan seluruh ruang di dalam rumah lebih terbuka dan minim penyekat atau pembatas. Selain itu, hindari penggunaan ornamen interior seperti cornice (frame jendela) dan ukiran.

Perhatikan pula kesan yang ingin dihadirkan, harus simpel dan apa adanya namun tetap menarik. Pada ceiling, konsepnya harus dibiarkan polos tanpa ada drop ceiling. Berikut Rumah.com rangkum contoh desain rumah minimalis tipe 36.

Contoh di atas adalah perumahan Terrascota Residence. Klaster ini hanya memiliki 25 unit, rumah tipe 36 dihargai Rp417 juta sementara tipe 45/84 dijual Rp498 juta. Simak juga: Keuntungan Tinggal di Rumah Minimalis

Tinggi plafon di rumah tipe 36 mencapi 4,2m, sehingga membuat sirkulasi udara dan cahaya bisa mengalir dengan baik. Sementara ruang tamu mendapat porsi cukup, yakni seluas 13,5m2 dengan panjang 4,5m dan lebar 3m. Carportnya berukuran 3x5m, cukup untuk parkir mobil tipe minibus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Lainnya

Gaya minimalis juga bisa dipadukan dengan sentuhan Eropa modern seperti yang nampak pada unit di perumahan Svaha Forresta, Cibinong.

Di unit rumah tipe 36, dua kamar tidur mengapit satu kamar mandi di satu sisi, serta ruang tengah di sisi lainnya. Ruang tengah bisa digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga serta ruang makan, memiliki akses ke halaman belakang, di mana terdapat dapur dengan konsep terbuka.

Satu hal yang harus diperhatikan untuk dapur berkonsep terbuka seperti ini adalah harus menambahkan kanopi atau bahkan atap permanen agar lebih nyaman.

 

Sah-sah saja bila ada unsur warna cerah pada eksterior rumah minimalis. Contohnya warna oranye di bagian teras demi memberi kesan tegas pada rumah. Sisanya, gunakan warna netral seperti abu-abu agar tidak lari dari gaya minimalisnya.

Contoh desain rumah minimalis di atas adalah milik Kirana Green Valley. Pada tipe 36, penerangan alami di dalam rumah harus dirancang dengan baik, misalnya dengan menggunakan tiga jendela di depan dan dua jendela di belakang. Hal ini juga bisa mengurangi kelembapan dan hemat listrik.

Dari sisi desain, Taman Hijau Mustika menawarkan desain minimalis modern dengan nuansa bata ekspose. Unit rumah satu lantai ini memiliki carport dengan kapasitas satu mobil. Unit ini dibekali dua kamar tidur yang mengapit satu kamar mandi.

Begitu masuk ke dalam tipe terkecilnya, penghuni akan mendapati ruang tamu yang menyatu dengan area makan. Dapur di unit ini berada di bagian belakang rumah berhadapan dengan taman belakang.

Desain rumah minimalis selanjutnya ditawarkan Serpong Garden, yang menggunakan rangka atap baja ringan, penutup atap genting beton, serta pintu kamar terbuat dari kayu. Lantai serta dinding kamar mandi menggunakan keramik, dan kusen jendela depan memanfaatkan aluminium.

Mengingat lahan yang terbatas, luas bangunan rumah hanya mampu menampung dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga, dan dapur di area belakang.

Contoh desain rumah minimalis tipe 36 terakhir merupakan gambaran unit yang ada di Triraksa Village 2. Ditambah dengan sentuhan modern, rumahnya menggunakan pondasi batu kali dengan struktur beton bertulang.

Dinding menggunakan bata merah atau batako dengan atap menggunakan rangka baja ringan dan genteng beton. Kusen dan pintu memakai kayu lokal dengan lantai dari keramik berukuran 30×30. 

Sebagaimana desain fasadnya yang minimalis dan sederhana, layout rumah pun demikian. Praktis, rumah terbagi menjadi dua sama besar yakni bagian kamar tidur dan bagian ruang kegiatan.

Terdapat dua kamar tidur dengan ukuran yang nyaris sama. Kamar depan menjadi kamar utama dengan luas yang sedikit lebih besar dibandingkan kamar belakang. Selisihnya sekitar 1,5 meter persegi.

Dengan penataan ruang yang tepat, rumah minimalis tipe 36 pun bisa terasa lapang. Tertarik memiliki rumah baru bergaya minimalis atau gaya modern? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp750 jutaan di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.