Sukses


Anda Dijamin Punya Rumah dengan Cara Ini

Agar cepat punya rumah, jangan cuma sekadar bercita-cita, barengi juga dengan usaha. Baca artikel ini, maka Anda dijamin segera punya rumah.

Liputan6.com, Jakarta Mau banget punya rumah? Sudah punya tabungan untuk DP atau uang mukanya? Ini penting, loh! Bagaimana mungkin Anda bisa membayar DP rumah jika tabungan saja tidak punya. Belum lagi nanti bayar cicilan kredit rumah setiap bulannya.

(Baca juga: Semua Bisa Punya Rumah, Tapi Jangan Modal Nekat)

Nah, agar mimpi Anda untuk punya rumah sendiri segera terwujud, jangan cuma sekadar bercita-cita, barengi juga dengan usaha. Dan mulai sekarang stop berkeluh kesah. Baca artikel dari Rumah.com ini, dan kemudian praktikkan, maka Anda dijamin akan segera punya rumah.

  1. Jangan menuruti hawa nafsu

Belanjakan uang Anda berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Selain itu hindari juga kebiasaan berbelanja barang-barang yang nilainya habis begitu digunakan seperti pakaian, atau yang nilainya terus merosot seperti barang elektronik.

Jika Anda sudah mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan, maka pengeluaran semestinya karena kebutuhan, bukan sekedar lapar mata saja. Dan agar makin semangat menabung, mulai lirik-lirik rumah idaman Anda di perumahan baru.

  1. Jangan remehkan recehan

Seringkali Anda tidak merasa keluar uang banyak untuk beli rokok, beli cemilan, atau sekedar ngopi-ngopi di cafe. Wajar saja jika Anda lupa karena jumlahnya kecil saja dan mungkin juga sudah jadi kebiasaan. Bahayanya adalah, karena sudah menjadi kebiasaan maka Anda jadi terlena.

Padahal meski jumlahnya kecil tapi jika dikalkulasi dalam setahun maka jumlahnya akan besar juga. Coba bayangkan jika uangnya ditabung atau diinvestasikan? Lumayan untuk menambah saldo tabungan untuk membeli rumah, loh!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Cepat Punya Rumah

  1. Kendalikan segala bentuk cicilan utang

Kebanyakan orang menggunakan hampir 90% dari penghasilannya perbulan untuk membiayai kebutuhan belanja rumahtangga. Lalu Apa yang terjadi jika Anda punya cicilan utang mobil atau kartu kredit yang mencapai 50% dari penghasilan per bulannya?

Bisa-bisa Anda mencari pinjaman sana-sini untuk menutupi kebutuhan yang lainnya. Jadi usahakan agar cicilan utang per bulan tidak lebih dari 30% dari penghasilan Anda, sehingga sisanya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan tabungan untuk DP rumah.

Upayakan agar sebelum pengajuan KPR segala bentuk cicilan utang tersebut sudah lunas dan tidak ada tunggakan karena akan memengaruhi proses BI checking. Dan tentunya juga sangat riskan apabila Anda masih punya cicilan utang juga harus membayar cicilan KPR per bulannya.

Gunakan kalkulator keterjangkauan untuk mengetahui hitung-hitungan cicilan KPR Anda perbulannya.

  1. Kartu kredit bukan uang dari langit

Kartu kredit seringkali membuat Anda merasa lebih kaya daripada yang sebenarnya. Ingat, limit kartu kredit yang diberikan tidak gratis. Begitu Anda pakai maka harus dikembalikan, plus bunganya.

Simpan kartu kredit untuk keadaan darurat saja, sebagai sumber dana cepat kala keadaan gawat di saat uang tunai benar-benar tidak tersedia.

Terapkan poin-poin di atas secara konsisten maka Anda dijamin pasti punya rumah. Tak perlu yang muluk-muluk, sesuaikan pilihan rumahnya dengan kemampuan Anda. Cek di sini untuk pilihan rumah berdesain minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini