Sukses


Investasi Apartemen di Malang Semakin Prospektif

Setidaknya ada dua alasan mengapa pasar properti Malang perlu diperhitungkan.

Liputan6.com, Jakarta Masuk ke wilayah Jawa Timur, perkembangan Malang boleh jadi tak sebagus Surabaya. Meski begitu, menurut data dari APERSI Korwil Malang, rata-rata kenaikan harga jual rumah di kota ini bisa mencapai sekitar 20% hingga 30% per tahun.

Di samping itu, setidaknya ada dua alasan mengapa pasar properti Malang perlu diperhitungkan. Pertama, Kota Malang perlahan namun pasti kebanjiran investor dari pengembang besar.

Alasan kedua, ada beberapa proyek infrastruktur baru yang tengah disiapkan Pemerintah. Seperti proyek Tol Pandaan – Malang yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018. Akses tol ini sangat dekat dari Bandar Udara Abdulrahman Saleh.

Tidak hanya properti berupa rumah tapak saja yang potensial, pangsa apartemen di Malang pun layak untuk disasar karena punya market yang segmented.

“Untuk sektor apartemen, pangsa pasarnya sendiri mayoritas merupakan kalangan mahasiswa dan keluarganya, serta investor yang intens berinvestasi dengan tujuan disewakan kembali. Kami melihat captive market ini dari Begawan Apartment,” ujar Direktur Realti PT PP Properti Tbk (PPRO) , Galih Saksono kepada Rumah.com.

Membidik mahasiswa, lokasi Begawan Apartment berada tak jauh dari beberapa kampus perguruan tinggi, antara lain Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Gajayana, Universitas Negeri Malang dan Politeknik Kesehatan Malang.

Baca juga: Incar Mahasiswa, Pengembang Bangun Apartemen di Depok

Apartemen ini menyediakan empat pilihan tipe, yakni tipe studio, studio plus, dua kamar tidu, dan dua kamar tidur corner. Harga yang dipatok berkisar Rp300 jutaan hingga Rp500 jutaan.

Menyesuaikan pangsa pasarnya, sekaligus sebagai bentuk kepedulian dan pelestarian budaya Malang dalam rangka perayaan ulang tahun keempat PPRO, pengembang mengadakan pentas grup kesenian Bantengan ‘Macan Loreng’ asal desa Jetis, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang sebagai pembuka acara ‘Begawan Digital Day’ PPRO.

Rangkaian materi acara yang disuguhkan berupa digital experience seperti virtual reality, 180’ matrix digital photo, digital expo knowledge, tropical jungle, futuristic diantre para pengunjung yang ingin merasakan sensasi petualangan digital.

Galih optimistis, apartemen satu menara berkapasitas 948 unit ini akan terserap pasar dalam waktu singkat. Mengingat keberadaan kampus dan jumlah mahasiswa yang cukup tinggi di Malang dari tahun ke tahun.

Di kota apel, pertumbuhan jumlah mahasiswa rata-rata per tahun diperkirakan mencapai 41.311 orang yang berasal dari luar kota Malang. Sementara itu jumlah mahasiswa yang di wisuda hanya sekitar ±9000 setiap tahunnya.

(Pilihan apartemen di Malang harga mulai Rp300 juta ada di sini)

Berdasarkan Rumah.com Property Index median harga apartemen di Malang mencapai Rp16,67 juta per meter persegi pada kuartal empat (Q4) 2017. Harga ini belum bergerak sejak Q2, di mana harga sempat naik menjadi Rp18,72 di kuartal pertama tahun ini.

Secara year-on-year (yoy), harga jauh lebih tinggi sekitar 2,7% atau Rp14,76 juta per meter persegi di Q4 2016.

Sekedar informasi, Kota Malang selama ini lebih dikenal sebagai kota Wisata. Dengan kondisi geografis yang mendukung dan industri wisata yang terus berkembang, Malang Raya yang terdiri dari Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu, selalu menjadi tujuan wisatawan.

Hampir setiap akhir pekan, kawasan Malang Raya dipadati wisatawan, baik dari warga sekitar malang, luar daerah hingga mancanegara.

Berkembangnya potensi wisata di Malang, lantas menjadi pemicu berkembangnya industri lain salah satunya di sektor properti yang meliputi hotel, apartemen, dan bangunan komersial.

Baca juga: Menyimak Prospek Investasi di Kota Apel Malang

Hal ini merupakan sebuah keniscayaan, dimana dalam suatu kawasan wisata, keberadaan tempat penginapan baik itu hotel maupun apartemen adalah sebuah keharusan. Tuntutan pasar akan hotel atau apartemen yang memiliki lokasi strategis serta fasilitas yang mendukung akan banyak dicari.

Mau punya investasi bernilai tinggi di kawasan Malang maupun daerah lain di Jawa Timur?Temukan pilihannya mulai dari apartemen dan rumah tapak harga Rp500 jutaan di Perumahan Baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.