Sukses


Ciri Khas Tentukan Hasil Arsitektur Sebuah Hunian

Pada saat bersamaan, arsitek harus melibatkan 'sentuhan pribadi' dalam setiap karya dengan memberikan aspek komposisi, proporsi dan harmoni.

Liputan6.com, Jakarta Setiap arsitek, terutama yang sudah malang melintang di kancah desain arsitektur, biasanya memiliki gaya khas yang menjadi trade mark-nya.

Mempertimbangkan ciri khas tersebut, maka sebagai klien sangat penting mengenali gaya-gaya arsitek yang ingin dipilih. Saat ingin membangun rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyeleksi arsitek mana yang memiliki gaya desain paling sesuai dengan keinginan.

Berbicara soal artsitek, perjalanan sejarahnya di Indonesia tentu terasa kurang lengkap jika melewatkan nama Hendra Hadiprana. Arsitek kawakan kelahiran 1929 ini telah mengisi sejarah dunia arsitek dan interior Indonesia.

Sejalan dengan waktu, Hadiprana telah memberikan warisan berarti bagi arsitektur di tanah air, terutama dalam hal ciri khas yang selalu memancarkan unsur kearifan lokal, kendati disajikan dalam gaya kontemporer.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Pilih Arsitek. Ini 8 Caranya! 

Principal Design Hadiprana, William C Patty, mengungkapkan sebagai generasi kedua Hadiprana, pihaknya telah diwariskan sejumlah strategi untuk bertahan dalam industri properti. Menurutnya, ada tiga strategi utama agar jasa konsultan arsitek tetap digemari dan dicari.

“Pertama, pola pendekatan atau approach kepada calon klien. Kedua, ciri khas karakter desain yang tetap terjaga. Terakhir, pembangunan karakter personal desain,” jelas William kepada Rumah.com.

Ia menambahkan, secara profesional Hadiprana diorganisir dengan sistem yang mumpuni. Namun pada saat bersamaan, melibatkan ‘sentuhan pribadi’ dalam setiap karya dengan memberikan aspek komposisi, proporsi dan harmoni.

Dengan keunggulan tersebut, setiap karya Hadiprana begitu dinanti dan bahkan dijadikan show off ataupun tujuan investasi.

“Tidak sedikit klien yang dengan bangga memamerkan bahwa rumah atau proyeknya didesain oleh Hadiprana. Jadi, ada kebanggaan dan rasa nyaman yang dirasakan. Ada value added yang dirasakan sangat bermanfaat,” terangnya.

Simak juga: Rumah dengan Desain Unik Ini Cuma Rp400 Jutaan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unik, Ekletik, dan Kontemporer

Nama besar Hadiprana pun menarik minat Synthesis Residence Kemang untuk menggunakan jasanya.

Kepiawaian Hadiprana dengan kekuatan desain yang unik, ekletik, dan kontemporer, sangat cocok dengan visi proyek hunian yang mengusung kelas premium namun tetap mempertahankan nilai dan kearifan lokal, sehingga layak dan mudah diterima pasar.

“Hal itu tercermin dari konsep nama tower yakni Arjuna, Nakula dan Sadewa. Alhasil, kerjasama ini mempercayakan Hadiprana untuk mendesain lobi utama, meeting room, public toilet, dan marketing gallery. Kami juga mendesain interior show unit dengan dua bedroom dan tiga bedroom,” jelasnya.

Wiliam menilai, proyek apartemen yang digawanginya mempunyai cerita yang kuat dan nilai plusnya ada pada unsur Indonesia dan unsur art yang kuat. Ini merupakan point of interest yang dibawa dalam desain kontemporer.

Beruntung, konsep kultur dalam arsitektur hunian sudah banyak ditinggalkan. Padahal jika dikemas sedemikian rupa bisa memberi nuansa yang nyaman.

“Ini kelebihan Synthesis Development selaku developer dalam menghadirkan hunian berkelas. Ditambah lagi kepiawaian Hadiprana yang terkenal akan spesialis desain hospitality dan hunian vertikal,” ia mengakhiri.

Pemilihan arsitek yang tepat memang dapat mewujudkan rumah dengan fungsi, estetika, dan kualitas bangunan sesuai keinginan Anda. Cek di sini untuk pilihan properti dengan bangunan berkualitas seharga di atas Rp1 miliar!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.