Sukses


Waspadai Bahaya Jamur dan Tempat Tumbuhnya di Dalam Rumah

Orang dengan alergi jamur serius mungkin memiliki reaksi yang lebih parah, termasuk sesak napas.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bahan makanan, jamur merupakan salah satu makanan yang enak untuk dinikmati. Bisa digoreng, rebus maupun dibakar dan memiliki beragam jenis yang semakin menggoda selera.

Namun, cerita jadi berbeda jika jamur yang dimaksud adalah organisme atau parasit yang tumbuh di tempat lembab dan menyebabkan berbagai penyakit. Seperti yang sudah banyak diketahui orang, jamur mudah tumbuh dan berkembang biak di lingkungan yang lembab, termasuk rumah. Selain merusak pemandangan dan interior rumah, jamur bisa menyebabkan penyakit yang jika dibiarkan akan menjadi berbahaya.

Dalam jumlah kecil, spora jamur biasanya tidak berbahaya, tetapi ketika mereka mendarat di tempat basah di rumah Anda, koloni jamur dapat mulai berkembang. Ketika jamur tumbuh di permukaan, spora dapat dilepaskan ke udara, di mana mereka dapat dengan mudah terhirup.

Beberapa jenis jamur dalam ruangan mampu menghasilkan racun yang sangat ampuh (mikotoksin) yang larut dalam lemak dan mudah diserap oleh lapisan usus, saluran udara, dan kulit. Bagi orang-orang yang sensitif terhadap jamur, menghirup atau menyentuh spora jamur dapat menyebabkan reaksi alergi, termasuk bersin, pilek, iritasi tenggorokan, batuk atau suara mengi, iritasi mata, dan ruam kulit.

Orang dengan alergi jamur serius mungkin memiliki reaksi yang lebih parah, termasuk sesak napas. Pada orang dengan asma yang alergi terhadap jamur, menghirup spora dapat memicu serangan asma.

Tidak mungkin untuk menyingkirkan semua jamur dan spora jamur di rumah Anda, tetapi karena spora jamur tidak dapat tumbuh tanpa air, mengurangi kelembapan di rumah Anda adalah cara terbaik untuk  mencegah atau membasmi pertumbuhan jamur. Selain itu, beberapa bagian dan barang di rumah yang bisa akrab bagi jamur juga harus rutin dibersihkan.

Kamar mandi tempat favorit jamur untuk tumbuh, oleh karena itu bersihkan tempat ini beberapa kali dalam seminggu. Mainan anak-anak juga tempat favorit tumbuhnya jamur, apalagi anak-anak kecil suka memasukkan benda atau tangan ke mulut setelah bermain. Sebagian besar mainan anak-anak mudah untuk dibersihkan. Namun, Anda tetap harus teliti dan membersihkan bagian dalam mainan.

Sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas adalah barang yang patut Anda curigai sebagai salah satu tempat tumbuhnya jamur. Jamur dapat tumbuh di antara bagian pintu, bagian rak, serta bagian bawah tempat menampung tetesan makanan.

Anda harus membersihkan setiap bagian di lemari es, sampai ke ujung. Jangan biarkan ada yang tertinggal. Pastikan untuk memeriksa freezer-nya juga. Pastikan kulkas Anda memiliki teknologi modern dan terbaru yang benar-benar mampu mengusir jamur dan membuat bahan makanan menjadi lebih awet dengan kualitas yang sama.

 

Anda bisa memilih kulkas POLYTRON BELLEZA 3 yang memiliki Shielded Moisture Compartment yaitu kompartemen khusus untuk menyimpan buah yang mampu mencegah udara luar masuk sehingga buah tetap segar 2X lebih lama. Humidity Control Crisper untuk menyimpan sayur yang mampu mengatur tingkat kelembaban sehingga sayuran tetap segar dan tidak cepat mengering.

Photocatalytic Deodorizer yang dimiliki kulkas POLYTRON BELLEZA 3 juga berfungsi untuk menyerap dan menetralkan bau tak sedap.

POLYTRON BELLEZA 3 juga tampil memukau berkat ‘Zen Design’ yang merupakan keseimbangan antara penyempurnaan interior dan eksterior berdesain Borderless dengan banyak pilihan warna. Ingin lebih tahu tentang POLYTRON BELLEZA 3? Segera kunjungi link berikut ini.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.