Sukses


Investasi Ruko yang Tepat dan Pilihan Terbaiknya

Capital rate ruko atau rukan berkisar 6% – 9 %. Tingkat pengembalian investasi ruko dan rukan lazimnya lebih besar dibanding rumah sewa.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya apartemen dan rumah tapak saja, investasi ruko juga merupakan salah satu instrumen investasi yang menggiurkan. Patut diketahui permintaan terhadap suplai ruko dan rukan tergolong tinggi, terutama di kawasan bisnis, perdagangan, dan entertainment.

Di kawasan-kawasan seperti ini, ruko dan rukan bisa menjadi pendukung ekonomi atau bahkan dapat menjadi motor utama penggerak roda ekonomi di daerah tersebut.

Alasan beberapa investor memilih berbisnis ruko diantaranya ada kepastian yakni jangka waktu penyewaan menengah antara 2-3 tahun, lebih panjang dari jangka waktu rumah sewa. Baca juga: Solusi Alternatif Agar Ruko Cepat Laku Disewa! 

Selain itu capital rate ruko atau rukan berkisar 6% – 9 %. Tingkat pengembalian investasi ruko dan rukan lazimnya lebih besar dibanding rumah sewa. Hal ini disebabkan luas bangunan ruko atau rukan yang lebih besar dibanding luas tanahnya.

Faktor pemicu lainnya adalah karena ruko dan rukan berada di daerah yang ramai dan prospektif secara ekonomis, seperti di pinggir jalan raya atau di dekat pasar, mal, pusat belanja, dan daerah pusat hiburan. Lantas apa saja strategi berbisnis ruko yang tepat? Simak ulasannya dari Rumah.com.

Cicilan

Pembelian ruko dengan fasilitas KPR masih menjadi pilihan utama saat ini. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah tingkat cicilan. Anda jangan terlalu berharap cicilan ruko dapat dibayar oleh uang sewa tahunan ruko.

Jika ingin membeli ruko menggunakan pembiayaan lewat KPR, Anda harus yakin status kepemilikannya—yang dibuktikan dari sertifikat, karena ada juga pengembang banyak yang nakal.

Untuk menghindari kerugian, sebaiknya hindari pembayaran cicilan yang lebih cepat dibandingkan masa konstruksi. Misalnya untuk masa konstruksi 8 – 12 bulan, lakukan cicilan pembayaran 12 – 16 bulan.

Agar lebih mudah dalam berhitung, ukur tingkat kemampuan Anda dalam membeli ruko dengan cara dicicil melalui Kalkulator Keterjangkauan. Lewat fitur ini Anda akan dijelaskan lama waktu angsuran yang ideal untuk Anda termasuk batan pinjaman maksimum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Lokasi

Dalam membeli ruko lokasi adalah yang terpenting. Jika salah memilih lokasi, ingin untung malah jadi buntung. Setidaknya ada empat lokasi ruko yang dapat dijadikan pilihan.

Pertama, ruko di kawasan perumahan yang menjadi bagian komersial perumahan tersebut. Investasi ruko di sini layak, sepanjang perumahan tersebut telah hidup (mature). Tetapi, demand terhadap ruko pun tergantung pada lokasi perumahan.

Kedua, ruko di jalan-jalan besar. Biasanya semakin banyak kantor cabang bank atau ATM yang ada di lokasi tersebut, semakin bagus untuk investasi ruko. Keberadaan bank oleh sebagian pihak dinilai menandakan banyaknya transaksi.

Baca juga: Mau Beli Ruko? Pertimbangan Dulu Hal Berikut Ini!

Perhatikan juga lalu-lintas yang lewat di jalan tersebut. Umumnya, perusahaan-perusahaan kecil atau perusahaan penyedia jasa ritel selalu mencari lokasi kantor atau toko di kawasan yang dilewati banyak orang.

Ketiga, ruko yang berlokasi di kompleks trade centre; dan keempat, ruko yang berada di kawasan ruko.

Pilihannya?

Berdasarkan kanal Perumahan Baru di Rumah.com, ada dua pilihan ruko yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar pencarian. 

Adalah Sentra Timur Commercial Park 8, area komersial dan bisnis yang dibangun di lahan seluas 2.650 m². Bangunan komersial berupa ruko tiga lantai dengan luasan berkisar diantara 140 m² hingga 292 m² ini dtawarkan dengan jumlah unit terbatas hanya 16 unit.

Pusat komersial ini berhadapan langsung dengan Terminal Modern Sentra Timur yang merupakan terminal terbesar se-Asia Tenggara. Dengan jarak yang dekat ini, Sentra Timur Commercial Park 8 akan menjadi salah satu destinasi teramai dan menguntungkan bagi Anda yang akan berinvestasi disini.

Masih di area Jakarta Timur, Cleon Park yang berada di area Jakarta Garden City juga bisa menjadi opsi berbisnis Anda. Shophouse ini merupakan tempat usaha pertama yang berada di dalam kawasan mixed use, yang kedepannya akan dibangun apartemen dua tower.

Terdiri dari 43 unit shophouse yang akan dibangun diatas lahan seluas 1,7 hektar, harganya dibanderol mulai Rp4,8 miliar sampai Rp7,4 miliar.

Tertarik berbisnis rumah toko alias ruko atau justru tertarik mencari apartemen? Temukan apartemen di lokasi strategis harga mulai Rp500 juta di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini