Sukses


Kiat Punya Rumah dalam Waktu Kurang dari Setahun

Idealnya, orang membutuhkan waktu 6 sampai 9 bulan untuk mempersiapkan pembelian rumah, mulai dari pencarian hingga akhirnya terealisasi.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki apartemen baru atau rumah baru merupakan target yang mesti dicapai sebuah pasangan yang sudah berkeluarga. Dengan strategi tepat yang dijalankan berdua, hal itu bisa diwujudkan dalam waktu dekat.

Idealnya, orang membutuhkan waktu 6 sampai 9 bulan untuk mempersiapkan pembelian rumah, mulai dari pencarian hingga akhirnya rencana itu terealisasi. Dan 8 bulan merupakan waktu yang relatif pas. Lalu bagaimana tindakan yang harus dilakukan dalam waktu 8 bulan?

1- 2 bulan pertama

Mengutip ulasan di Rumah.com, di dua bulan pertama adalah waktu yang harus dimaksimalkan untuk mencari rumah. Temukan pilihannya melalui rumah.com/perumahan-baru dan simak ulasannya di rumah.com/perumahan-baru/review.

Dengan melakukan dua langkah singkat ini, Anda akan dimudahkan dari segi waktu sebab tidak perlu repot datang ke lokasi perumahan yang diinginkan, hanya untuk mengetahui profil tentang proyeknya, harga yang dipasarkan, hingga fasilitas yang disediakan.

Setelah menemukan beberapa daftar hunian yang dirasa cocok, barulah Anda ajak serta keluarga untuk melihat lokasinya secara langsung. Bila perlu, demi mempersingkat waktu dan tenaga, gunakan jasa agen properti untuk membantu Anda dalam proses pembelian rumah.

Di halaman Cari Agen di Rumah.com, Anda bahkan dapat menjumpai agen spesialis apartemen, bangunan komersial, berdasarkan area atau khusus yang berbahasa Inggris maupun Mandarin.

Sementara untuk menjaring agen yang tepat dan punya kemauan tinggi, Anda dapat menyeleksinya dengan melontarkan beberapa pertanyaan di Tanya Agen. Tunggu jawabannya, dan cari tahu siapa yang punya keseriusan untuk menanggapi pertanyaan Anda.

Bulan ketiga dan keempat

Setelah semua anggota keluarga setuju untuk membeli rumah tersebut, saatnya Anda mempertimbangkan cara pembayaran yang akan digunakan. Jika belum sanggup membelinya ssecara tunai, silakan gunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah dari bank.

Namun sebelum mengajukan KPR, pastikan tabungan Anda cukup untuk membayar uang muka rumah dan biaya ekstra yang bisa menghabiskan 20% – 30% dari harga rumah.

Agar pengeluaran bulanan tidak terganggu, cicilan KPR juga tidak boleh lebih dari 1/3 pendapatan bulanan Anda. Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan Anda dalam mencicil rumah gunakan fitur Kalkulator Keterjangkauan yang ada di Rumah.com.

Memilih bank KPR juga sebaiknya tidak boleh asal. Ada beberapa langkah jitu yang bisa Anda terapkan seperti kenali reputasi bank tersebut.

Ukurannya bisa jadi seberapa banyak nasabah yang dimiliki, kualitas layanan yang prima, sampai banyaknya kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bulan kelima dan keenam

Apabila segala tujuan, perencanaan anggaran, dan langkah alternatif sudah disusun secara rinci, di dua bulan ini adalah waktunya Anda belajar untuk berhenti bersikap konsumtif.

Anda mungkin bisa menghindari godaan seperti membeli motor atau mengganti gadget. Sebenarnya, godaan terbesar justru dari kegiatan konsumsi ringan, misalnya terlalu sering makan di restoran, membeli pakaian atau tas yang sedang disale, dan sebagainya.

Simak juga: Beyonce Beli Rumah Pakai KPR. Anda Kapan?

Anda mungkin merasa pengeluaran untuk kegiatan konsumtif di atas relatif kecil, padahal jika dijumlahkan setiap bulannya, hasilnya bisa lumayan besar jika dialokasikan untuk mulai menabung cicilan rumah.

Bulan ketujuh dan kedelapan

Saatnya persiapan pindahan! Agar momen bahagia ini bisa berjalan sesuai rencana, ada berbagai tips yang bisa Anda praktekkan yaitu:

  • Ajukan cuti jika pindahan rumah dilakukan pada hari kerja.
  • Jika anak sudah sekolah, pastikan semua urusan administrasi sekolahnya sudah selesai, baik di sekolah lama maupun sekolah baru.
  • Siapkan kardus bekas untuk mengepak barang, dan mulai memasukkan barang-barang ke dalam kotak tersebut.
  • Pindah ke tempat tinggal baru akan menjadi awal baru yang menyenangkan, ini kesempatan Anda untuk membuang barang-barang lama yang kemungkinan besar tidak akan digunakan di masa depan.

Sudah menemukan hunian yang Anda idam-idamkan dan punya potensi bagus di masa depan? Jika belum, cek di sini untuk pilihan hunian potensial dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini