Sukses


Peluang Mendulang Uang dari Apartemen Sewa

Ada banyak pilihan lokasi yang bisa dibidik untuk berinvestasi pada jenis hunian seperti ini dan juga berdasarkan segmentasi penyewanya.

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya terdapat dua alasan mengapa seseorang berinvestasi. Pertama, adalah menginginkan kenaikan modal, kedua mencari penghasilan pasif sebagai penghasilan tambahan. Sesuai dengan tujuannya, maka investasi bisa dibilang memiliki proyeksi jangka panjang.

(Baca juga: Naik Jabatan? Hunian Juga Harus Disesuaikan)

Dan berinvestasi pada sektor properti merupakan pilihan yang cerdas karena lebih aman dan menjanjikan keuntungan. Tapi memilih produk properti yang diharapkan dapat memberikan kenaikan modal secara agresif memang butuh kejelian. Dan salah satu produk properti yang terbilang agresif adalah apartemen.

Tinggal di apartemen di tengah kota lebih baik daripada rumah di pinggir kota. Anda setuju? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Ada dua metode investasi apartemen yang bisa Anda lakukan untuk meraih keuntungan, yaitu sistem sewa dan jual beli. Pilihan pertama adalah menyewakan apartemen. Ini biasanya dilakukan oleh investor yang mengharapkan keuntungan berkala dari masuknya uang sewa per tahun.

Keuntungan secara optimal dari metode ini dapat Anda peroleh dengan penentuan tarif sewa apartemen yang tentunya berbeda dengan menyewakan rumah. Anda bisa memulainya dengan menggali informasi di sekitar lokasi apartemen. Misalnya, karakteristik penyewa di area tersebut, kemampuan finansial calon penyewa dan tarif sewa standar di lokasi apartemen Anda berada.

Jangan lupa menghitung biaya-biaya yang akan dan sudah dikeluarkan untuk menyewakan apartemen. Dan untuk simulasi hitung-hitungan angsuran perbulan cicilan apartemen, Anda bbisa manfaatkan Kalkulator Keterjangkauan.

Sedangkan untuk Anda yang lebih memilih menjual unit apartemennya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk meraup keuntungan optimal. Anda harus cermat menghitung besar biaya yang sudah dikeluarkan semenjak proses pembelian unit apartemen.

Biaya tersebut meliputi pajak terkait jual beli apartemen, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak atas barang mewah, akta jual beli, pertelaan, biaya balik nama, serta biaya perawatan.

Setelah Anda mengakumulasi biaya-biaya tambahan ini dengan harga beli, baru tetapkan harga jualnya.  Jangan sampai merugi karena tak jeli saat menghitung harga. Ada banyak pilihan lokasi yang bisa dibidik untuk berinvestasi pada jenis hunian seperti ini dan juga berdasarkan segmentasi penyewanya.

Cek di sini untuk pilihan apartemen premium di ibukota mulai harga Rp1 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Investasi Sewa Apartemen

Nah, peluang dari segmentasi apartemen ini bisa Anda manfaatkan untuk mendulang uang loh! Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak peluangnya di sini.

1. Apartemen dekat pusat bisnis dan komersial

Lokasi ini sangat potensial mendatangkan sewa mengingat orang-orang yang beraktivitas pada area ini membutuhkan kemudahan dan kecepatan akses guna mendukung mobilitas mereka. Ya, segmentasi target sewa di area ini adalah para eksekutif muda dan pebisnis. 

Namun tentu saja nilai investasinya akan cukup besar mengingat harga jual apartemen di kawasan seperti ini cukup mahal. Sebut saja Sudirman Hill Residence yang berada di jantung ibukota yang hanya selangkah ke kawasan Jl. MH. Thamrin dan Jl. Jend. Sudirman atau Bellevue Place di kawasan MT. Haryono.

Opsi lainnya, apartemen dekat pusat bisnis di Jakarta dengan harga di bawah Rp500 juta, simak aneka pilihannya di sini!

2. Apartemen dekat kampus 

Selain membidik lokasi dekat komersial dan pusat bisnis, Anda juga bisa mulai melirik area dekat kampus untuk menjaring konsumen dari kelas mahasiswa. Ya, selain kost-kostan, ternyata apartemen menjadi jenis hunian favorit di tengah para mahasiswa.

Beberapa apartemen di wilayah UI Depok, Bogor, serta Jatinangor Sumedang banyak yang berupa apartemen kos yang dapat Anda miliki unitnya. Misalnya Atlanta Residence yang menyasar mahasiswa UI di Depok, Dramaga Tower Apartment yang menyasar mahasiswa IPB di Bogor, dan  Taman Melati Jatinangor yang menyasar mahasiswa UNPAD, ITB, IKOPIN dan IPDN.

Selain itu Anda juga bisa coba melirik apartemen-apartemen yang banyak bertebaran di kawasan industri Cikarang yang segmentasinya para ekspatriat seperti Gangnam District atau mungkin malah apartemen khusus wanita seperti Female Apartment di Depok.

Atau mungkin Anda lebih memilih jenis investasi rumah? Cek di sini untuk pilihan rumah di kawasan Depok yang dekat dengan kampus UI mulai harga Rp300 jutaan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini