Sukses


Apartemen Dekat Kampus Bikin Anda Banyak Fulus

Apartemen yang merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan, selain dari harga jual kembali, permintaan sewanya juga tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Lagi menimbang-nimbang untuk berinvestasi? Memang ada banyak pilihan dan masing-masing juga ada plus minusnya. Lalu mengapa juga tak coba berinvestasi di properti? Selain aman, bikin kita lebih tenang, keuntungannya juga menjanjikan.

Ya, perlu diketahui bahwa hanya investasi properti yang menawarkan kenaikan nilai investasi serta pendapatan berulang (bulanan atau tahunan). Selain itu, properti juga satu-satunya kebutuhan primer yang dapat dijadikan investasi.

Nah, jika Anda tergolong investor pemula, ada baiknya mencoba properti yang pengelolaannya tidak terlalu ruwet. Pilih saja apartemen yang merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan, selain dari harga jual kembali (capital gain), permintaan sewanya juga tinggi.

Tinggal di apartemen di tengah kota lebih baik daripada rumah di pinggir kota. Anda setuju? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

Selain membidik lokasi dekat komersial dan pusat bisnis, Anda juga bisa mulai melirik area dekat kampus saat berinvestasi apartemen. Beberapa apartemen di wilayah UI Depok, Bogor, serta Jatinangor Sumedang banyak yang berupa apartemen kos yang dapat Anda miliki unitnya.

Sebagai ilustrasi, berdasarkan Data Rumah.com Property Index, untuk apartemen pada kisaran harga di bawah 1 miliar di Depok mulai dari Q4 2016 hingga Q3 2017 median harganya cenderung statis, tidak bergerak. Median harganya tercatat tidak berubah berada pada angka Rp15,91 juta/meter saja.

Namun meski median harga ini belum bergerak sejak Q4 2016 lalu, apartemen di Depok diprediksi akan mengalami peningkatan median harga pada kuartal berikutnya karena pasar apartemen di kawasan Depok relatif menggiurkan. Hal ini disebabkan setiap tahunnya sekitar 20.000 mahasiswa baru akan memasuki kawasan Depok untuk memulai tahun ajaran baru.

Selain itu sebagai wilayah penyangga Jakarta, Depok yang berbatasan langsung dengan area Jakarta Selatan juga merupakan alternatif bagi konsumen kelas menengah. Pasalnya, harga apartemen di Jakarta Selatan seperti di koridor TB Simatupang tercatat sudah terlampau tinggi, sehingga tidak mampu dijangkau oleh kaum profesional yang berpenghasilan di bawah Rp10 juta.

Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut keuntungan berinvestasi apartemen dekat kampus yang bisa bikin Anda banyak fulus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untungnya Investasi Apartemen Dekat Kampus

1. Lokasi strategis

Lokasi apartemen cenderung tidak jauh dari kampus sehingga mahasiswa dapat menempuhnya dengan hanya berjalan kaki atau menggunakan kendaraan dalam waktu singkat. Seperti pilihan apartemen di Depok dengan lokasi dekat kampus UI.

Anda pun dapat langsung memasarkan apartemen ini saat kampus mengadakan open house atau menerima pendaftaran mahasiswa baru.

2. Fasilitas yang cukup lengkap

Keuntungan lainnya, Anda tak harus menyewa karyawan sebagai penjaga keamanan dan kebersihan. Pihak apartemen biasanya sudah memiliki karyawan yang akan melakukan kegiatan operasional seperti maintenance, kebersihan, serta keamanan.

Anda cukup membayar biaya bulanannya—biaya bulanan ini bisa Anda bebankan kepada penyewa kos. Dan untuk mengetahui hitung-hitungan biaya cicilan KPA apartemennya, Anda bisa manfaatkan Kalkulator Keterjangkauan kami.

3. Bantuan pemasaran

Ada beberapa developer yang tidak akan membiarkan begitu saja apartemennya kosong. Sehingga meski Anda belum mendapatkan link atau masih susah untuk memasarkan apartemen Anda, pihak developer akan membantu Anda mencari penyewa.

4. Dapat disewa secara bulanan dan tahunan

Lamanya durasi penyewa tergantung pada perjanjian Anda dan dia. Jika sejak awal Anda membolehkan penyewa mengontrak selama setahun, sebaiknya Anda membuat perjanjian agar tidak ada kerugian berupa barang rusak, selain itu mintalah deposit dan tentukan tanggal pembayaran bulanan.

Sementara jika penyewa mengontrak selama bulanan, mintalah dia untuk menginformasikan 1-2 bulan sebelumnya jika akan keluar, sehingga Anda bisa mencari penyewa baru.

Cek di sini juga untuk pilihan apartemen dekat kampus di sejumlah daerah dengan beragam varian harga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.