Sukses


Cara Bikin Pesta Barbeque di Rumah Selezat Masakan Chef Terkenal

Besok weekend, dan artinya… libur! Belum punya rencana? Bikin pesta barbeque saja di rumah. Namun pastikan Anda melakukan hal-hal berikut in

Liputan6.com, Jakarta Besok weekend, dan artinya… libur! Belum punya rencana? Mau bikin pesta barbeque di rumah dengan hasil panggangan yang lezat? Pastikan Anda merawat alat pemanggangnya. Yap, alat yang bersih dan terawat dengan baik tentu akan menghasilkan makanan yang jauh lebih sehat dan enak.

(Baca juga: Mau Bikin Pesta Akhir Tahun di Rumah? Ini Caranya!)

Sebaliknya, jika kurang terawat, yang dibiarkan begitu saja setelah dipakai, maka hasil panggangannya jadi tidak sempurna, bisa gosong, hingga bikin makanan jadi tidak enak. Jadi pastikan Anda melakukan hal yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini saat berencana melakukan pesta barbeque di rumah.

1. Hitung jumlah makanan

Pertimbangkan jumlah makanan yang akan dipanggang dengan arangnya. Pastikan arangnya mencukupi dan gunakan arang khusus untuk barbeque. Jangan terlalu penuh saat mengatur daging atau makanan lainnya di alat pemanggang karena berisiko membuat makanan menjadi kurang matang.

2. Jangan biarkan hangus

Makanan yang hangus di bagian kulitnya mungkin enak bagi sebagian orang, karena renyah dan kering. Tapi, makanan yang hangus bersifat karsinogen atau pemicu kanker, jadi sebisa mungkin jangan memasak hingga gosong.

Bolak-balik daging agar matangnya merata atau tusuk dan buat sayatan di bagian tengahnya agar cepat matang. Jika tak ingin makanan yang tak sengaja hangus menempel pada jeruji pemanggang—yang pastinya akan susah dibersihkan—oleskan olive oil ke jeruji sebelum digunakan untuk mencegah lengket.

9 dari 10 orang bilang lokasi lebih penting daripada harga saat mencari rumah. Setujukah Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Sukses Bikin Pesta barbeque di Rumah

3. Gunakan sarung tangan

Meski Anda sudah terbiasa memasak, selalu gunakan sarung tangan saat memanggang. Paparan asap berisiko membuat kulit kering dan iritasi. Lagipula ada saatnya Anda harus membalik makanan atau tak sengaja menyentuh bara api, kan?!

4. Jangan gunakan minyak

Arang cenderung mudah terbakar terutama jika Anda tak menjaganya agar tak tertiup angin. Jadi jangan menambahkan minyak ke dalam arang karena akan merusak cita rasa makanan. Selain itu jangan menyalakan arang langsung dengan korek api, bakar koran bekas untuk menyalakannya.

5. Yuk, bersihkan

Setelah digunakkan, jangan menunda membersihkan pemanggang hingga berhari-hari. Pasalnya jeruji akan semakin lengket dan sukar dibersihkan. Akibatnya malah mengundang timbulnya bakteri. Setelah digunakan diamkan pemanggang hingga suhunya turun sehingga siap dibersihkan.

Bersihkan jeruji barbeque dengan spons atau sikat dan pastikan tak ada sisa makanan yang menempel. Bersihkan area penampung arang dengan menyemprotnya dengan air yang dicampur cairan pembersih. Bilas kembali lalu jemur hingga kering. Lap juga bagian tutup pemanggangnya.

Mau bikin barbeque party di rumah weekend ini? Pastikan rumah Anda memiliki area yang luas untuk menampung tamu. Dan untuk pilihan rumah dengan area yang luas mulai harga Rp300 jutaan, simak aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.