Sukses


Sebelum Menggunakan Jasa Laundry Kiloan Rumahan, Baca Tipsnya!

Buat Anda yang sibuk, laundry kiloan yang dekat dengan tempat tinggal Anda bisa jadi pilihan. Namun sebelumnya, lakukan tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika ditanya pekerjaan rumah tangga apa yang paling menguras energi, pasti akan banyak yang menyebutkan mencuci dan menyetrika. Ya, pakaian kotor selalu saja ada setiap hari dan bikin rumah jadi terlihat berantakan. Belum lagi alat rumahtangga berbahan kain yang sebaiknya dicuci setiap 2-3 hari.

(Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Mesin Cuci Anda!)

Daripada cape-cape —merendam, mengucek, mencuci, membilas, hingga akhirnya menjemur dan menyetrika— setiap hari, belum lagi ditambah pekerjaan kantor, laundry kiloan rumahan yang dekat dengan tempat tinggal Anda bisa jadi pilihan.

Namun sebelum memberikan seluruh cucian Anda ke laundry, lakukan dulu tips dari Rumah.com ini di rumah agar cucian Anda baik-baik saja.

1. Perhitungkan lokasi

Pilih laundry yang dekat dengan rumah Anda, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Gunanya agar Anda dapat segera mengatasi ‘kecelakaan kecil’ seperti ada baju yang tertukar, tertinggal di laundry, atau justru malah Anda yang tak sengaja membawa pakaian pelanggan lain.

2. Jangan terjebak harga

Pilih laundry yang memang bertarif sesuai standarnya, jangan terlalu murah. Pasalnya, laundry yang sangat murah tidak memisahkan setiap pakaiannya sehingga baju Anda berisiko mengalami perubahan warna. Laundry yang bertarif agak tinggi cenderung lebih cermat dalam memilah pakaian sebelum dicuci.

8 dari 10 orang bilang proses pengajuan KPR itu ribet. Bagaimana menurut Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Menggunakan Laundry Kiloan Rumahan

3. Pilih setiap pakaian

Mentang-mentang Anda supersibuk tidak berarti Anda bisa memasukkan seluruh pakaian ke laundry kiloan. Untuk pakaian yang berbahan sutra, berwarna putih, menggunakan aksesori, berbahan kulit, serta pakaian yang harganya lumayan mahal sebaiknya tidak diserahkan ke laundry kiloan.

Cucilah pakaian tersebut ke laundry yang ternama sehingga kualitasnya tetap terjamin. Selain itu—meskipun Anda hanya menyerahkan pakaian rumahan kepada laundry kiloan—tetap perhatikan label pencucian setiap pakaiannya.

4. Special request

Tak ada salahnya Anda meminta perlakukan khusus untuk berbagai pakaian. Sebagai konsekuensinya Anda pun siap membayar lebih tinggi.

Misalnya, ada beberapa pakaian yang harus dikucek dahulu sebelum dicuci, atau jika Anda ingin memberikan sabun cuci atau pelembut khusus untuk pakaian Anda dan anak. Jangan lupa memberikan label atau penanda pada pakaian tersebut.

5. Catat seluruh barang

Meski laundry melakukan pencatatan untuk barang-barang Anda, biasakan untuk membuat salinannya. Hitung jumlahnya dan catat baju apa saja yang Anda serahkan pada laundry termasuk kondisinya saat diserahkan. Jadi Anda bisa komplain jika ada kekurangan atau terdapat noda baru.

Umumnya mereka yang sibuk yang, biasanya tinggal di apartemen, yang sering menggunakan jasa laundry. Dan untuk pilihan apartemen dengan fasilitas laundry mulai harga Rp300 jutaan, cek aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini