Sukses


Mau Punya Dapur Sehat? Begini Cara Merawatnya!

Jika dibiarkan kotor, dapur bisa menjadi sarang kuman. Dan inilah elemen utama dapur yang wajib Anda bersihkan untuk dapur sehat.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya tubuh yang harus dijaga kesehatannya, hunian pun demikian. Dan untuk menciptakan hunian yang sehat dan terawat, Anda wajib menjaga kebersihan setiap area di dalamnya, tak terkecuali area dapur yang rentan kotor karena digunakan setiap hari untuk memasak.

(Baca juga: Ini 5 Keuntungan Letak Dapur di Area Depan)

Karena itu, Anda wajib memperhatikan kebersihannya. Jika dibiarkan kotor, area ini bisa menjadi sarang kuman. Dan berikut adalah lima elemen utama dapur yang wajib Anda bersihkan untuk menciptakan dapur yang sehat ala Rumah.com.

1. Sink

Sink atau tempat cuci piring menyimpan banyak kotoran dan bakteri dari sisa-sisa makanan di tempat saringan pembuangan yang seringkali menumpuk. Usahakan untuk selalu meninggalkan sink dalam keadaan kering.

Anda dapat mengelap sink menggunakan kanebo atau tisu sesaat setelah selesai mencuci piring. Gunakan desinfektan untuk mengurangi pertumbuhan kuman. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan setiap kali membersihkan sink.

2. Rak penirisan

Setelah selesai mencuci piring biasanya piring akan ditaruh di rak penirisan sebelum dipindahkan ke lemari. Pastikan Anda selalu membersihkan rak penirisan setiap hari, dan selalu meninggalkannya dalam kondisi kering. Rak yang kering dapat meminimalisir pertumbuhan kuman.

3. Kabinet dapur

Kabinet dapur umumnya menjadi tempat penyimpanan peralatan dapur, seperti piring, gelas, sendok dan garpu, bahan makanan dan sebagainya. Karena itu, usahakan selalu dalam keadaan tertutup agar debu dan serangga tidak masuk ke dalamnya.

Untuk menjaga kebersihannya, gunakan alas kertas sebelum meletakkan perabot dan alat dapur lain. Sematkan juga penghisap bau lembap di setiap lemari kabinet. Segera bersihkan bagian luar kabinet menggunakan lap jika terkena cipratan saat memasak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Membuat Dapur Sehat

4. Kompor

Kebersihan kompor wajib diperhatikan. Setelah digunakan, biasakan selalu mengelap kompor dengan kain lap. Sebab, umumnya kompor akan berminyak setelah dipakai akibat cipratan saat memasak.

Cara ini berguna untuk mengurangi pertumbuhan kuman dan menjaga agar kompor selalu bersih dan kinclong. Kompor yang terawat akan membuatnya awet digunakan.

5. Lantai

Lantai dapur rentan berminyak dan kotor. Lakukan rutinitas membersihkan lantai dapur setiap hari. Sapu kotoran dan pel menggunakan pembersih lantai.

Jika lantai sangat berminyak akibat aktivitas memasak, Anda dapat mengepelnya menggunakan campuran air hangat, jeruk nipis, dan sabun pembersih lantai. Setelahnya biarkan mengering. Semprotkan pengharum ruangan sebagai langkah akhir.

Bukan hanya dapur yang perlu sehat, tubuh kita juga. Dan untuk pilihan perumahan yang didukung fasilitas kesehatan mulai harga Rp300 jutaan, cek aneka pilihannya di sini!

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini