Sukses


Ini Tips Membeli Hunian Bagi Para Jomblo

Bagi Anda yang berstatus single dan tengah mempertimbangkan untuk membeli hunian, lima tips berikut ini dapat dijadikan acuan.

Liputan6.com, Jakarta Tren membeli hunian mulai bergeser selama beberapa dekade terakhir. Kebutuhan memiliki hunian tak lagi hanya untuk mereka yang telah berkeluarga. Ya, saat ini banyak juga pembeli rumah tinggal yang masih berstatus jomblo alias lajang.

(Baca juga: Serba-serbi Cara Seleb Hollywood Beli Rumah)

Nah, bagi Anda yang berstatus single dan tengah menimbang-nimbang untuk membeli hunian, lima tips dari Rumah.com berikut ini dapat dijadikan acuan sebelum Anda memberikan booking fee kepada pihak pengembang.

1. Sesuai anggaran

Membeli sebuah hunian akan memberikan pengaruh besar bagi kondisi finansial Anda. Jadi sebaiknya belilah rumah dengan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Pastikan sebelumnya bahwa ke depan Anda tetap mampu membayar angsuran rumah jika kondisi keuangan terganggu.

Sebut saja jika kehilangan pekerjaan atau hal lain yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda membayar cicilan rumah. Sebab, Anda belum memiliki pasangan yang dapat mendukung Anda secara finasial. Karenanya, jangan beli rumah yang terlampau mahal.

2. Kemampuan mengurus rumah

Ingat, Anda akan menjadi satu-satunya orang yang bertanggungjawab atas pemeliharaan rumah. Artinya, Anda-lah yang harus mengurus sendiri jika terjadi kondisi atap bocor, lampu mati, plafon rusak, dan sebagainya.

Jika Anda merasa tak sanggup untuk melakukannya, maka pilihan membeli kondominium atau apartemen merupakan pilihan terbaik. Sebab, jika terjadi kerusakan pada properti Anda dapat meminta pihak building management untuk bertanggung jawab membenahi kerusakan yang terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panduan Membeli Hunian Bagi Si Lajang

3. Perhatikan keamanan

Anda sebagai pemilik tunggal akan tinggal sendiri di dalam hunian tersebut. Pada hari-hari biasa mungkin Anda akan lebih sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong karena Anda sibuk bekerja.

Karena itu, penting untuk memilih hunian yang memiliki sistem keamanan terpadu dan berada di lingkungan dengan angka kejahatan rendah. Dengan begitu Anda dapat merasa lebih nyaman dan aman saat tinggal.

4. Pertimbangkan nilai jual kembali

Membeli rumah juga merupakan langkah berinvestasi jangka panjang. Jika saat ini Anda masih single, bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu ke depan Anda akan berkeluarga dan membutuhkan rumah tinggal yang baru.

Karena itu, wajib perhatikan nilai jual kembali properti saat pertama kali membeli. Pilih rumah atau apartemen yang memiliki daya tarik tinggi dan mudah dijual kembali.

5. Perhatikan denah dan luas bangunan

Kebanyakan mereka yang single memilih untuk membeli hunian yang kecil karena membuat mereka lebih nyaman. Namun ingatlah bahwa suatu hari status Anda dapat berubah. Anda akan memiliki pasangan dan anak-anak.

Meski ruang tambahan tidak dibutuhkan saat ini, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan masa depan rumah. Memiliki satu ruang kosong, jika memang harganya terjangkau, merupakan pilihan cerdas.

Jadi sudah siap untuk membeli hunian? Sebagai referensi, simak puluhan pilihan hunian mulai harga Rp300 jutaan di sini!

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini