Sukses


5 Langkah Agar Pencahayaan di Rumah Makin Sempurna

Untuk pencahayaan yang baik di rumah, Anda bisa manfaatkan cahaya alami atau dengan lampu. Jika rumah Anda kurang cahaya, simak tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Penerangan atau pencahayaan merupakan elemen penting bagi sebuah hunian. Rumah yang indah tanpa memiliki sistem pencahayaan yang baik, tidak akan menjadi rumah yang sempurna. Karena itu, penting untuk memperhatikan pencahayaan pada rumah.

(Baca juga: Tips Hadirkan Cahaya Alami ke Dalam Rumah)

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, Anda dapat memanfaatkan cahaya alami ataupun dengan lampu. Jika Anda memiliki masalah dengan rumah atau ruang yang kurang cahaya, simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Tinjau ulang arsitektur rumah

Mungkin saja arsitektur rumah Anda tidak mendukung untuk menangkap cahaya matahari, misalnya karena menghadap ke barat, dan sebagainya. Anda dapat menambahkan jendela clerestory untuk solusi yang tepat dan hemat.

Jendela kaca ini dapat memasukkan cahaya lebih banyak ke dalam ruang dan menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik. Aplikasikan di rumah Anda, terutama jika model rumahnya minimalis.

2. Periksa landscape rumah

Periksalah landscape di sekitar hunian. Pohon besar di pekarangan rumah bisa saja menghalangi cahaya matahari masuk ke rumah Anda. Tebang pohon-pohon yang sudah terlalu tinggi. Namun tak perlu memangkas sampai habis, cukup sesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan rumah saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Menata Cahaya di Rumah

3. Pilih cat dengan tingkat reflektifitas tinggi

Cat tak hanya berfungsi mempercantik tampilan ruang, namun juga bisa berfungsi untuk merefleksikan cahaya alami. Gunakan cat putih, yang memiliki reflektivitas tinggi yang cocok digunakan di ruang gelap yang tidak mendapat cahaya dengan baik.

Anda juga dapat mengecat kusen jendela dengan warna putih untuk membantu menangkap cahaya matahari. 

4. Pasang lampu gantung

Lampu gantung merupakan solusi tepat untuk menambah pencahayaan di dalam ruangan. Pilih lampu sesuai tema desain interior yang diusung. Jika Anda menyukai interior moderen minimalis, Anda dapat memilih lampu gantung dengan gaya serupa sehingga ruang tetap terlihat harmonis.

5. Pelajari dari ahlinya

Masalah pencahayaan dalam hunian merupakan hal krusial. Jika Anda merasa kurang memahami, ada baiknya cari bantuan konsultan interior untuk menangani rumah Anda.

Selain dapat menjadi jalan masuk bagi cahaya matahari, bukaan seperti jendela juga baik untuk sirkulasi sehingga udara di dalam rumah jadi terasa lebih segar. Dan untuk pilihan perumahan yang berudara segar mulai harga Rp500 jutaan, simak aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini