Sukses


Cara Menciptakan Ruang Cantik di Taman Minimalis

Secara umum, membuat taman minimalis tidaklah sulit. Simak beberapa tips membuat ruang cantik di taman minimalis ala Rumah.com.

Liputan6.com, Jakarta Taman minimalis bisa terkesan membosankan bagi sebagian orang. Di sisi lain, banyak pula yang menganggap taman minimalis adalah desain sederhana yang stylish untuk dicontek di pekarangan rumahnya. Secara umum, membuat taman minimalis tidaklah sulit.

Jika merujuk aturan desain interior, taman minimalis biasanya ditandai dengan material hard lanscape berpadu dengan desain tegas dan garis sederhana. Inilah beberapa tips membuat ruang cantik di taman minimalis ala Rumah.com.

Menciptakan pembatas

Kesan minimalis harus dibuat dengan adanya pembatas antar satu dan yang lain. Khususnya dalam hal pemilihan warna, gunakan warna netral tanpa adanya pulasan cat yang menampilkan tekstur alami.

Simak juga: Mau Rumah Rp300 Jutaan dengan Kolam Renang?

Sebagai contoh, untuk membatasi taman rumput dan taman kerikil, Anda bisa memanfaaatkan dinding yang hanya diberi pulasan semen aci ini.

Batasi material

Membatasi jumlah material hardscape, maupun variasi warna adalah kunci sukses membuat taman dengan kesan bersih dan sederhana. Simak contoh pemilihan warna senada untuk dinding dan lantai teras berikut ini.

Sementara itu, aplikasi lantai juga harus diperhitungkan secara matang. Sebagai contoh, lantai ubin berwarna abu-abu bisa menjadi latar belakang yang pas untuk detil abu-abu gelap yang dimunculkan dari kursi, kontainer tanaman dan kerangka jendela berikut ini.

Perhatian kepada detil bisa membuat taman minimalis Anda terlihat lebih profesional dan mewah.

Buat rumput terlihat lebih modern

Berbeda dengan taman pada umumnya, rumput di taman minimalis adalah item penting yang bisa dikreasikan sedemikian rupa. Ada rumput yang ditanam menyerupai bentuk tertentu, ada juga yang dibiarkan tumbuh bebas.

Baca juga: Rumah Kecil Pun Tetap Bisa Punya Taman Cantik

Intinya, rerumputan bisa menjadi dasar yang dikombinasikan dengan bahan alami lain, seperti kayu-kayuan dan batu.

Konsep taman minimalis di bawah ini memanfaatkan rerumputan yang dipangkas rapi menyerupai karpet. Anda bahkan bisa menggunakan rumput imitasi jika tak ingin dipusingkan dengan perawatan secara rutin.

Pilihan tanaman

Kebutuhan tanaman di taman minimalis boleh dibilang terbatas. Namun, kehadirannya tetap dibutuhkan untuk memberi kesan lembut pada pekarangan.

Taman minimalis biasanya hanya memilih maksimal tiga spesies tanaman. Tentunya, hal ini berkaitan dengan tujuan sederhana dan kemudahan dalam perawatannya.

Letakkan tanaman di kontainer sesuai dengan jenisnya masing-masing. Pilih kontainer berwarna gelap dan berdesain minimalis. Tujuannya, agar menghadirkan kesan kontemporer, bersih, dan stylish.

Taman selain sedap dipandang juga bisa jadi tempat yang asyik untuk bersantai. Cek di sini untuk pilihan perumahan dengan taman di halaman belakang mulai dari Rp500 jutaan!

Sumber foto: houzz

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini