Sukses


Punya Rumah Bagi Generasi Milenial Kini Makin Mudah

Wacana bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah memang cukup beralasan. Namun juga tidak sepenuhnya benar, simak solusinya!

Liputan6.com, Jakarta Banyak riset menyebutkan harga rumah yang terus naik bisa tak terkejar oleh banyak anak muda, atau yang akrab disapa generasi milenial. Jangankan beli rumah atau apartemen di pusat kota yang dekat dengan pusat aktivitas, hunian di pinggiran kota sekalipun mungkin juga tak terbeli.

(Baca juga: Ternyata Begini Rumah Impian Generasi Milenial)

Sementara itu Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta, Lukas Bong mengatakan, persoalan generasi milenial khususnya profesional muda umumnya menyangkut kemampuan keuangan mereka yang sangat ketat sehingga sulit untuk bisa membeli hunian sendiri.

Rumah.com Property Index juga mencatat kenaikan indeks harga properti nasional sebesar 0,39% secara quarter-on-quarter dan 2,7% secara year-on-year. (Baca selengkapnya di: Rumah.com Property Index Q2 2017 – Pasar Properti dalam Tahap Pemulihan)

Wacana bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah memang cukup beralasan. Apalagi mereka juga punya standar tersendiri dalam urusan fasilitas penunjang seperti yang bikin mereka merasa nyaman, aman dan produktif. Namun hal tersebut juga tidak sepenuhnya benar, ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan generasi milenial agar bisa memiliki rumah.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com menyampaikan bahwa pihaknya mengambil peran aktif untuk memberikan advokasi bagi generasi milenial agar bisa memiliki rumah.

Salah satunya adalah dengan menganjurkan generasi milenial untuk memanfaatkan program kepemilikan rumah yang disediakan oleh pemerintah, yaitu dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK).

Prosesnya sama seperti mengajukan cicilan rumah ke bank. Setelah menentukan pilihan rumah yang akan dibeli –untuk menemukan hunian idaman bisa mengakses Rumah.com melalui kanal www.rumah.com/perumahan-baru– selanjutnya tinggal mengajukan permohonan KPR ke bank yang menjadi mitra BPJSTK.

Setelah itu akan melalui prosedur normal, seperti BI checking untuk melihat track record dari peserta BPJSTK, dan jangan lupa untuk menyertakan kartu BPJSTK. Jika generasi milenial sudah memenuhi syarat, maka bank akan melakukan pengecekan ke BPJSTK.

Jika semuanya benar-benar telah memenuhi persyaratan maka BPJSTK akan memberikan rekomendasi kepada bank bahwa sesuai evaluasi pemohon KPR tersebut lolos persyaratan kredit. Sehingga permohonan kredit bisa dicairkan dan generasi milenial bisa segera memiliki rumah yang diajukan KPR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Pembiayaan Rumah Bagi Anak Muda

Solusi praktis lainnya bagi generasi yang baru merintis karir dan ingin memiliki properti dengan cara yang relatif lebih terjangkau bisa juga dengan mencoba solusi pembiayaan properti digital lewat Gradana.co.id, sebuah perusahaan rintisan digital lokal.

Menurut Komisaris Gradana, Freenyan Liwang, pakar keuangan yang juga mantan Presiden Direktur Bank Sinarmas Tbk., platform ini merupakan online property fund yang mempertemukan pihak yang ingin membeli rumah dengan investor yang menyediakan dana. Skema pembiayaannya pun memungkinkan pihak pembeli untukmencicil uang muka hingga  36 kali.

“Pasar properti sangat dinamis dan tumbuh dengan cepat. Apalagi dengan adanya segmentasi milenial yang ternyata memberikan angin segar baru bagi industri properti  tanah air, jelas berpengaruh terhadap meningkatnya kebutuhan akan pendanaan residensial,” ungkapnya.

 “Tidak perlu khawatir mengenai keamanan dana yang telah dipinjamkan. Kami memberikan sistem pemantauan yang sistematis serta jaminan agunan properti. Bagi investor sendiri, menanam dana di platform ini lebih menguntungkan dibandingkan bunga deposito. Apalagi tingkat risikonya pun rendah,” tegasnya.

Sebagai bentuk keseriusan dalam memberikan jaminan keamanan berinvestasi, Gradana juga telah terdaftar secara resmi di Kementerian Komunikasi dan Informasi serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ingat, sebelum mengajukan kredit kepemilikan rumah temulkan dulu rumah idaman Anda. Dan untuk pilihan rumah idaman mulai harga Rp300 jutaan, simak puluhan pilihannya di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini