Sukses


Bedakan Kelompok Usia Agar Dekorasi Ruang Lebih Mudah

Medekorasi ruang memang tidak mudah. Dan berikut adalah cara menentukan gaya dekorasi ruang berdasarkan tiga kategori usia.

Liputan6.com, Jakarta Mendekorasi ruang bukanlah pekerjaan yang mudah, bahkan untuk para ahli sekalipun. Banyak hal penting yang harus diperhatikan jika ingin membangun suasana ruang yang sedap dipandang, nyaman, namun sekaligus fungsional.

(Baca juga: Mau Punya Rumah di Usia Muda? Simak Caranya!)

Cara termudah dalam mendesain dekorasi ruang ialah dengan mengetahui sosok yang akan menempati ruang tersebut. Artinya, Anda dapat mengelompokkannya berdasarkan usia. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda menyesuaikan gaya dekorasi, tipe, dan pemilihan furniturnya.

Dan berikut adalah cara menentukan gaya dekorasi ruang berdasarkan tiga kategori usia ala Rumah.com.

Usia 10-17 tahun

Rentang usia ini dapat digolongkan sebagai usia remaja. Pada masa ini masa kanak-kanak belum sepenuhnya ditinggalkan. Mereka masih menginginkan sisi playful, fun, dan colorful. Gaya dekorasi yang cerah dan playful sangat direkomendasikan untuk golongan usia ini.

Anda dapat memilih warna cerah, seperti biru, dusty pink, hijau lime, pastel, untuk mendominasi ruang. Sematkan hal-hal yang menjadi kegemaran anak, serta lengkapi segala kebutuhannya, misalnya meja belajar dan rak buku.

Pilih furnitur dengan bentuk yang menarik. Pada bagian dinding Anda dapat menghiasnya dengan wallsticker atau poster agar ruang terlihat lebih ceria lagi.

Usia 18-34 tahun 

Ini merupakan rentang usia yang sibuk dan memiliki aktivitas yang padat. Sifat kanak-kanak cenderung mulai ditinggalkan. Mulai mengenal dan lebih banyak bergelut dengan hal berbau teknologi, modernisme, dan minimalis, terutama bagi yang tinggal di kota besar.

Usia ini cenderung menyukai sesuatu yang praktis, cepat, dan simpel. Aktivitas yang padat juga akan membatasi mereka dalam merawat dan membersihkan ruang yang ada. Karena itu dekorasi minimalis modern merupakan pilihan yang tepat untuk golongan usia ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dekorasi Ruang Berdasarkan Usia

Ruang yang lapang dan simpel sangat cocok diterapkan. Pilih furnitur minimalis dan multifungsi dengan model yang simpel untuk melengkapi ruang. Namun jangan lupakan unsur modern dan estetikanya, misalnya dengan menggunakan lampu bohlam bergaya industrial, atau menambahkan mural pada dinding.

Disarankan menggunakan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, krem, dan coklat untuk mendominasi ruang. Lengkapi ruang dengan kebutuhan seperti perangkat laptop, audio musik, televisi, dan kebutuhan lain.

Usia 55-65 tahun

Golongan usia ini umumnya lebih memikirkan kenyamanan dibandingkan nilai estetika. Mereka cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Gaya dekorasi rustic yang natural dan hangat sangat cocok diterapkan untuk golongan usia ini.

Anda dapat memilih furnitur dan dekorasi lantai dengan sentuhan kayu, misalnya menggunakan lantai parket. Gunakan warna-warna alami untuk mendekorasi ruang seperti warna coklat, krem, dan hijau. Tambahkan tanaman dalam ruang untuk menyegarkan suasana dan menambah kenyamanan.

Dekorasi rumah sebaiknya juga disesuaikan dengan model desain rumahnya, bedakan dekorasi untuk rumah bergaya minimalis dengan rumah bergaya modern. Dan untuk pilihan rumah minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, cek aneka pilihannnya di sini!

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini