Sukses


Psikologi Warna Bagi Ruangan Agar Rumah Terasa Menyenangkan

Penggunaan warna yang tepat ternyata dapat meningkatkan kondisi jiwa atau psikologi manusia jadi lebih baik. Penasaran?! Simak penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Warna merupakan elemen penting dalam mendekorasi interior hunian. Tanpa warna sebuah hunian jelas akan terasa membosankan. Pengaplikasian warna pada interior biasanya juga disesuaikan dengan konsep ruang dan karakter yang ingin ditampilkan.

(Baca juga: Dongkrak Gairah Bercinta Lewat Permainan Warna)

Namun, Anda juga bisa mengaplikasikan warna pada setiap ruang berdasarkan psikologi warna yang tepat. Ya, penggunaan warna yang tepat secara tak langsung dapat meningkatkan kondisi jiwa atau psikologi manusia menjadi lebih baik.

Penasaran, kan?! Simak penjelasan dari Rumah.com berikut ini.

1. Area Foyer

Area foyer merupakan area pertama yang akan dilalui oleh tamu sehingga harus memberikan kesan yang baik. Area ini sebaiknya mampu membangun suasana ceria dan dinamis. Karena itu disarankan menggunakan warna-warna terang, seperti warna light blue atau oranye.

Kedua warna ini secara psikologis membawa energi positif saat memasuki rumah. Anda juga dapat memunculkan motif polkadot pada area foyer untuk membantu menambah suasana ceria pada hunian, meskipun di beberapa bagian area foyer terpasang warna hitam.

2. Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan area utama untuk menyambut tamu yang datang. Aplikasikan warna biru royal untuk membawa suasana damai di dalam ruangan. Warna ini dapat memberikan rasa nyaman dan sejuk kepada tamu Anda.

Namun jika Anda menyukai nuansa yang playful, Anda dapat mengaplikasikan warna pink lembut pada ruang tamu Anda. Warna pink membuat ruang terlihat lebih ceria, demikian juga dengan suasana hati tamu Anda.

3. Kamar tidur

Kamar tidur merupakan area pribadi. Area ini umumnya dirancang nyaman dan menenangkan karena berfungsi sebagai tempat istirahat. Selain cokelat, warna dusty pink yang lembut dapat Anda terapkan pada kamar tidur karena mampu memberikan efek tenang dan damai saat beristirahat.

Jika Anda tidak menyukai suasana yang terlalu feminin, aplikasikan warna abu-abu atau navy. Kedua warna ini dapat memberikan suasana sejuk pada ruangan.       

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Psikologi warna untuk Ruangan

4. Ruang makan

Ruang makan harus dirancang sebaik mungkin agar nafsu makan tetap terjaga. Anda dapat menerapkan warna kuning jika menginginkan suasana makan yang ceria dan bersemangat. Bagi Anda yang lebih menyukai nuansa elegan maka penggunaan warna ungu adalah langkah tepat.

5. Dapur

Warna merah dapat membuat area dapur lebih hidup. Tambahkan aksesn alumunium untuk bagian kabinet. Bagi Anda yang menginginkan suasana dapur lebih tenang, penggunaan warna biru atau hijau akan lebih cocok.

6. Kamar mandi

Untuk area kamar mandi aplikasikan putih dan abu-abu. Selain itu perhatikan jenis lampu yang akan anda gunakan. Pilih lampu dengan cahaya putih untuk menghindari kesan suram pada kamar mandi.

Pemilihan warna untuk ruangan yang tepat secara psikologis bikin kita selalu merasa nyaman dan bahagia saat di rumah. Cek di sini untuk piliihan hunian yang nyaman mulai harga Rp500 jutaan!

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini