Sukses

Tubuh yang Sehat Berawal dari Rumah yang Sehat

Liputan6.com, Jakarta Hidup sehat harus dimulai sejak dini, caranya pun tidak harus muluk-muluk asal rutin dilakukan. Anda bisa memulainya dengan langkah yang paling sederhana, yaitu menjaga kesehatan mulai dari rumah.

(Baca juga: Cara Berhemat yang Sehat Agar Bisa Menabung DP Rumah dengan Cepat)

Ya, sebagian besar waktu Anda mungkin lebih banyak dihabiskan di rumah. Dan jika Anda  sering merasa sakit saat berada di rumah maka kemungkinan tempat tinggal Anda memang tidak sehat. Agar Anda selalu sehat, berikut adalah beberapa langkah dari Rumah.com yang dapat Anda lakukan.

1. Menjaga kebersihan rumah

Kebersihan merupakan bagian terpenting untuk menjaga kesehatan. Lingkungan yang tidak bersih dapat dengan mudah mendatangkan penyakit. Jadi, rutinlah menyapu, mengepel, mencuci baju, membersihkan kolam, mengelap kaca dan lainnya.

Hal ini secara tak langsung akan berefek pada kesehatan pribadi Anda. Melakukan aktivitas bersih-bersih juga bagian dari olahraga, loh! Tubuh akan berkeringat karena terus bergerak, alhasil badan menjadi sehat.

2. Memelihara tanaman obat-obatan

Selain memelihara tanaman hias, cobalah untuk memelihara tanaman obat-obatan untuk keluarga di pekarangan rumah. Beberapa tanaman obat-obatan yang mudah untuk ditanam, yaitu kunyit, jahe, kencur, temulawak, seledri, daun dewa, belimbing wuluh, sirih, brotowali, dan lidah buaya.

Tanaman tersebut memiliki khasiatnya masing-masing, terutama untuk mengatasi gejala sakit ringan. Memelihara tanaman obat-obatan juga dapat meminimalkan konsumsi obat-obatan pasaran.

1 dari 2 halaman

Rumah Anda Kunci Kesehatan Anda

3. Mengonsumsi makanan sehat

Jangan anggap enteng makanan yang masuk ke tubuh Anda. Cobalah untuk mulai menjaga makan. Usahakan selalu mengonsumsi makanan sehat.

Standar makan sehat berupa empat sehat lima sempurna dengan porsi secukupnya. Kurangi fastfood, makanan berlemak, dan karbohidrat terlalu banyak.

4. Menggunakan air purifier

Udara merupakan elemen penting yang harus dijaga kebersihannya. Karena itu, penting untuk memiliki sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Anda dapat menggunakan bantuan penyaring udara atau air purifier untuk menjaga kebersihan udara di dalam rumah.

Udara yang dihasilkan alat ini 95% lebih bersih karena telah melalui tahap penyaringan. Selain menyaring udara menjadi lebih bersih, air purifier juga dapat menghilangkan virus dan bakteri, menghilangkan bau tak sedap, serta mencegah timbulnya jamur.

5. Olahraga di rumah

Malas pergi ke gym? Mengapa tidak membuat area berolahraga saja di dalam rumah? Mudah saja, kok. Cukup siapkan ruang kosong dan satu matras yoga atau alas karpet maka Anda sudah bisa mulai berolahraga di rumah minimalis Anda.

Anda dapat menggunakan teras belakang rumah, taman, ruang keluarga, atau jika memiliki ruang kosong, Anda dapat memaksimalkannya menjadi tempat berolahraga. Lengkapi dengan peralatan sederhana, seperti skipping, dumbel, dan gym ball.

Jika bosan berolahraga di dalam rumah, sesekali manfaatkan fasilitas olahraga atau jogging keliling kompleks perumahan. Dan untuk pilihan hunian yang dilengkapi sarana berolahraga mulai harga Rp300 jutaan, simak aneka pilihannya di sini!

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
6 Cara Sederhana Kuatkan Jantung
Artikel Selanjutnya
Punya Dua Anak, Ini Rahasia Tsania Marwa Tetap Langsing