Sukses


Tanaman Buah dalam Pot Cepat Berbuah dalam 5 Langkah

Menanam tanaman di pot memang membuat tanaman jadi sulit berbuah. Untuk mengatasi hal itu, yuk, lakukan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Konsekuensi tinggal di perkotaan adalah keterbatasan lahan. Untuk berkebun pun harus disiasati, misalnya dengan menanamnya di dalam pot. Masalahnya, kapasitas tanam yang terbatas tentunya membuat tanaman pun sulit menghasilkan buah.

(Baca juga: 4 Langkah Mengusir Lalat Buah dari Rumah)

Tak jarang tanaman malah tak kunjung berbuah dan daunnya saja yang tambah lebat. Untuk mengatasi hal itu, yuk, lakukan cara dari Rumah.com berikut ini.

1. Kontrol jumlah air

Menanam tanaman dalam pot tak berarti harus berlebihan dalam menyiramnya. Untuk beberapa tanaman buah seperti mangga dan jambu air, sebaiknya cukup disiram dua kali seminggu saat baru ditanam.

Pasalnya, menyiram berlebihan akan menghambat rangsangan untuk menghasilkan bunga, justru hanya daunnya yang semakin lebat. Selain itu, di awal penananam, biarkan tanaman terpapar sinar matahari untuk mempercepat proses fotosintesis.

Pada musim panas, Anda bisa menambahkan durasi penyiraman, misalnya menjadi setiap hari. Hindari menyiram daunnya saat pagi hari karena membuat proses fotosintesis terganggu.

2. Kurangi daunnya

Jika tanaman buah Anda malah semakin lebat daunnya, buat tanaman tersebut stres sehingga merangsang pertumbuhan bunganya. Caranya, buatlah goresan pada batangnya dan singkirkan daun-daun yang sudah tua serta kering sehingga hanya bagian daun mudanya yang masih tersisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Agar Tanaman dalam Pot Cepat Berbuah

3. Tambahkan pupuk kandang agar tanah lebih subur

Jangan puas hanya dengan menyiram dan membiarkan tanaman terkena sinar matahari. Asupan mineral dari pupuk kandang akan membuat tanaman menjadi tumbuh dengan subur dan menghasilkan tunas baru.

Jika Anda terlalu repot untuk melakukan pembelian pupuk, Anda bisa membelinya secara online. Dan, tanaman pun cukup dilakukan pemukukan satu kali sebulan.

4. Perhatikan intensitas sinar matahari

Ada beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari, seperti mangga, sirsak, dan kelengkeng. Tanaman ini akan bertahan meski sinar matahari cukup terik. Namun, untuk tanaman jeruk, apel, ceri, dan belimbing membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang, karena daunnya mudah layu saat panas.

Jadi saat hari mulai memasuki waktu siang, pindahkan tanaman yang butuh sinar sedang ke tempat yang lebih sejuk.

5. Bersihkan area sekitar pot

Buanglah segera daun yang jatuh agar tidak busuk yang bisa mengundang bakteri dan jamur yang berisiko menularkan tanaman. Lakukan pula pemangkasan setiap bulan agar tanaman tidak menjadi rimbun dengan daun tua yang membuat pertumbuhan bunga dan bakal buah terhambat.

Anda juga harus rajin mengecek kondisi daun dan batang agar terhindar dari hama.

Mau berkebun atau punya taman di halaman rumah? Cek di sini untuk pilihan rumah dengan taman kecil di halaman mulai harga Rp300 jutaan!

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini