Sukses

Jurus Bikin Betah Tinggal di Rumah Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di rumah minimalis dengan luas terbatas tak berarti membuat kenyamanan dan estetika rumah menjadi terbatas juga. Ya, Anda tetap bisa membuat rumah mungil menjadi tempat tinggal yang nyaman, indah, dan bikin betah berlama-lama di dalamnya.

(Baca juga: Tips Dekorasi Praktis yang Bikin Nyaman Rumah Minimalis)

Caranya, dengan melakukan dekorasi ruang yang kreatif dan tepat. Dan berikut adalah beberapa tips mendekor rumah minimalis dari Rumah.com yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Gunakan warna netral dan pastel

Gunakan warna-warna yang cerah dan hangat ketika mendekorasi rumah minimalis. Anda dapat memilih warna-warna netral dan pastel seperti putih, cokelat muda, hijau toska, biru lembut, dan sebagainya. Gunakan warna-warna tersebut untuk mendominasi ruangan. 

Sisipkan juga warna kontras seperti hitam, kuning, atau merah agar ruangan lebih hidup. Pemilihan warna yang tepat akan membuat hunian mungil Anda terasa nyaman dan hangat.

2. Partisi terbuka

Anda dapat menggunakan partisi terbuka sebagai pemisah ruang agar rumah tetap terlihat luas. Misalnya untuk memisahkan ruang keluarga dan ruang tamu, Anda dapat menggunakan partisi berupa rak besar yang sekaligus dapat dijadikan tempat untuk menaruh barang-barang dan hiasan rumah.

Atau jika Anda memiliki area dapur tertutup, Anda dapat membuat bagian dindingnya setengah terbuka sehingga dapat dijadikan mini bar.

3. Cermat memilih perabotan

Perhatikan juga pemilihan perabot. Jangan memilih perabot yang berukuran terlalu besar karena akan menambah sempit ruang. Sesuaikan ukuran perabot dengan ruang yang ada.

Misalnya, dalam mendekorasi ruang keluarga Anda dapat memilih sofa bentuk L dengan ukuran medium. Sementara untuk meja pilih ukuran yang tidak terlalu besar juga. Sesuaikan warna perabot dengan keseluruhan ruang agar terlihat harmonis.

1 dari 2 halaman

Tips Menata Rumah Minimalis

4. Tanaman dalam ruang

Tempatkan beberapa tanaman di dalam ruang. Misalnya untuk ruang keluarga Anda dapat menempatkan tanaman di sudut ruang sebelah sofa. Sementara di dapur Anda dapat menempatkan tanaman-tanaman dalam pot kecil di pinggir kusen jendela.

Penambahan tanaman di dalam ruang akan membuat suasana rumah yang minimalis menjadi lebih segar dan nyaman, serta memberi penecerahan dalam ruang.

5. Dekorasi vertikal

Bicara rumah minimalis, maka Anda harus lebih kreatif dalam mengeksplorasi ruang. Dan area vertikal rumah sering kali terlupakan. Nah, cobalah untuk memanfaatkan lebih maksimal.

Misalnya menambahkan rak tempel dinding sebagai tempat menaruh bingkai foto atau ornamen hias, memajang lukisan dinding, menempel rangkaian lampu hias pada dinding ruang, dan sebagainya.

6. Permainan Tekstur

Tekstur dapat memberikan pengaruh besar pada sebuah ruang. Untuk mengubah suasana menjadi lebih hidup, Anda dapat menggunakan desain bata ekspose untuk ruang keluarga.

Desain bata ekspose pada rumah minimalis juga akan memberikan nuansa unik seperti rumah-rumah di Italia. Dapat juga menggunakan lantai bertekstur untuk beberapa ruang, misalnya area dapur dan ruang makan.

Mau punya rumah bergaya minimalis? Cek di sini aneka pilihannya, mulai harga Rp300 jutaan!

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Gubuk Derita Mak Cacih yang Miring dan Hampir Roboh
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos