Sukses

Penting! Ini Cara Bangun Rumah di Lahan Miring

Liputan6.com, Jakarta Kontur tanah miring umumnya kurang disukai orang. Namun belakangan ini justru menjadi incaran banyak orang untuk membangun rumah tinggal. Alasannya, kontur tanah yang tidak rata akan membuat rumah terlihat lebih unik.

(Baca juga: Tips Desain: Ubah Bangunan Lama Jadi Lebih Modern)

Selain itu, ada keuntungan lain jika Anda membeli lahan miring. Beberapa di antaranya harga tanah yang cenderung lebih murah, mencerminkan jiwa muda, dan selera seni tinggi. Bahkan Anda dapat membuat harga jualnya jadi lebih tinggi jika Anda dapat mengeksekusinya dengan baik.

Meski begitu, membangun rumah pada lahan miring memiliki tantangan tersendiri, proses membangunnya akan lebih sulit dari biasanya. Dan setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membangun rumah di lahan miring. Simak tips dari Rumah.com berikut ini!

1. Perhatikan kualitas tanah

Kualitas tanah penting diperhatikan jika Anda ingin membangun tempat tinggal di lahan miring. Tanah miring umumnya bertekstur lembek dan tidak stabil. Untuk membangun hunian idealnya Anda harus memilih tekstur tanah yang padat dan liat agar bangunan dapat berdiri kokoh.

2. Tentukan tingkat kemiringan

Perhatikan tingkat kemiringan lahan. Tentukan kemana arah kemiringan lahan akan Anda buat, samping, depan, belakang atau hoek. Perhatikan ketinggian dari kemiringan lahan, posisi jalan dan bangunan di sekitar lahan. Setelah menentukan kemiringan barulah Anda dapat membuat desain rumah.

Akan lebih baik jika Anda mendapat lahan dengan konstruksi bagian depan yang lebih rendah dibanding bagian belakang karena dapat menciptakan konstruksi rumah yang lebih kokoh dan lebih aman.

1 dari 2 halaman

Tips Bangun Hunian pada Lahan Miring

3. Buat desain Bertingkat

Membangun rumah pada lahan miring mengharuskan Anda memiliki rancangan desain yang tepat. Kebanyakan ahli desain menyarankan agar rumah pada lahan miring dibuat bertingkat. Membuat rumah bertingkat pada lahan miring dapat menghemat biaya pengurukan.

Bila sudut kemiringan tidak besar, perbedaan tinggi permukaan setiap ruang dapat dihubungkan menggunakan tangga landai. Kontur naik turun ataupun tinggi rendahnya ruangan yang telah dibuat dapat memberikan nilai seni tersendiri.

Rumah dua lantai pada lahan miring sekaligus dapat memanipulasi model rumah. Anda tak perlu mengubah bagian permukaan lahan secara signifikan. Tampilan depan rumah pun akan lebih unik dan berestetika.

4. Fondasi yang Kuat

Fondasi rumah pada lahan miring harus menjadi perhatian utama saat pembangunan. Fondasi harus dibuat sekuat mungkin. Untuk hasil maksimal disarankan menggunakan jasa kontraktor profesional dan tukang bangunan berpengalaman.

Perhatikan juga kedalaman fondasi. Sangat disarankan untuk menggunakan fondasi tiang pancang guna menopang bangunan yang kokoh dan kuat. Jika fondasi sudah ada, Anda dapat mulai membangun rumah seperti biasa.

Mau punya rumah di lahan miring seperti pebukitan dengan pemandangan yang indah? Cek di sini aneka pilihannya dengan harga di bawah Rp300 juta! 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Mitos dan Fakta Seputar Rumah Tusuk Sate
Artikel Selanjutnya
6 Rumah Unik Tak Kasat Mata, Bikin Bengong yang Melihatnya