Sukses

Kiat Hilangkan Noda Tinta di Dinding dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Noda tinta selalu bisa muncul meski Anda sudah berhati-hati. Misalnya, ada bolpen yang bocor lalu mengenai karpet atau spidol yang digunakan anak untuk menyoret-coret dinding.

(Baca juga: Kiat Usir Bau dan Noda Ompol Secepat Kilat)

Sebelum bersusah payah membersihkan noda, sebaiknya Anda kenali dulu jenis tintanya. Asal tahu saja, ada dua jenis tinta, yaitu yang berbahan dasar air dan tinta yang permanen berbahan dasar minyak. Dan keduanya memiliki perbedaan cara untuk menghilangkan nodanya.

Yang pasti, Anda harus segera menghilangkan nodanya—jangan dibiarkan hingga berhari-hari—karena noda yang mengering akan sangat susah dihilangkan. Simak cara dari Rumah.com berikut!

Tinta berbahan dasar air

Sebagian besar tinta yang digunakan untuk bolpen harian dan spidol mewarnai anak-anak menggunakan tinta berbahan dasar air. Tinta jenis ini lebih mudah dihilangkan dibandingkan yang permanen. Caranya?

  • Basahi bagian yang terkena noda dengan air bersih. Misal untuk dinding, baju, dan kain lainnya, basahi secukupnya, sedangkan untuk karpet gunakan air lebih banyak. Sementara untuk noda di sofa bahan kulit, gunakan air lebih sedikit agar tidak terjadi kerusakan.
  • Ambil handuk, lalu tempelkan pada bagian bernoda yang sudah ditambahkan air dan tepuk-tepuk. Jangan menggosoknya dengan kasar atau terlalu kuat, karena membuat nodanya semakin menyebar dan berisiko membuat warna asli karpet, kain, atau alat rumah tangga lainnya yang terpapar noda tersebut menjadi pudar.
  • Ulangi langkah tersebut hingga noda hilang. Jika masih ada noda yang terlihat, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring cair yang sudah ditambahkan air lalu tempelkan di atasnya. Segera keringkan dengan handuk setelahnya.
1 dari 2 halaman

Tips Hilangkan Noda di Dinding

Tinta permanen

Tinta permanen biasanya digunakan untuk spidol whiteboard. Tinta ini berbahan dasar minyak sehingga tidak akan bereaksi jika dihapus hanya dengan menggunakan air. Untuk mengatasinya?

  • Gunakan alhokol untuk membersihkan tinta. Basahi kain dengan alkohol lalu tempelkan bagian yang bernoda dengan kain ini.
  • Cuka putih juga dapat digunakan untuk membersihkan noda, khususnya untuk noda pada karpet dan bahan logam. Campur cuka putih dengan air lalu celupkan kain yang akan digunakan untuk membasuh noda pada campuran cuka dan air ini.
  • Setelahnya tempel dan tepuk-tepuk pada bagian yang bernoda.

Jika anak-anak gemar mencorat-coret dinding jangan buru-buru dimarahi. Sebaiknya diarahkan untuk bergabung ke sanggar lukis atau sarana Pendidikan lainnya. Dan untuk pilihan hunian dengan sarana Pendidikan yang lengkap mulai harga Rp300 jutaan, simak aneka pilihannya di sini!  

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Gunakan 3 Bahan Alami Ini untuk Usir Noda Membandel pada Kloset
Artikel Selanjutnya
Tips Praktis Bersihkan Kuas Makeup