Sukses

Broker Cerdas Selalu Asah Lima Skill Ini!

Liputan6.com, Jakarta Menjual properti tidak semudah menjual produk barang atau jasa lainnya. Selain harganya yang tinggi, ada banyak tahap yang harus disiapkan seorang agen real estate sebelum memasarkan properti.

Pasalnya, pembelian properti melibatkan faktor psikologis yang besar. Salah sedikit dalam presentasi foto listing atau pemilihan kata deskripsi bisa membuat agen kehilangan pembeli prospektifnya.

Untuk itu seorang agen harus menguasai sejumlah kemampuan dasar penjualan yang mumpuni. Mengutip Rumah.com, berikut beberapa skill yang wajib diasah oleh setiap agen properti.

Komunikasi

Kemampuan komunikasi adalah skill pertama yang harus dimiliki agen properti. Industri properti tak henti-hentinya melakukan presentasi dan menarik perhatian lewat obrolan dengan khalayak luas. Jika Anda bukan komunikator yang baik, maka Anda bisa tertinggal di belakang.

Komunikasi yang efektif tidak sekedar mendengarkan namun pandai melempar respon. Jika belum punya banyak pengalaman berinteraksi dengan banyak orang atau di tengah lingkungan formal, Anda bisa mengasahnya dari sekarang.

Coba bergabung dengan grup atau kelompok yang banyak melakukan peran komunikasi seperti komunitas debat.

Tips Agen: Menyeleksi Calon Pembeli Potensial

1 dari 3 halaman

Kemampuan Interpersonal

Seorang agen harus bisa menjadi pendengar yang baik, sebab mereka akan memenuhi kebutuhan klien dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Jika mampu mendengarkan dengan sabar, maka Anda bisa mengolah informasi sesuai permintaan.

Tak perlu banyak bereaksi, pendengar yang baik bisa segera mengambil langkah yang efektif di waktu yang tepat. Untuk memaksimalkan kemampuan ini, Anda bisa bergabung dengan kelompok relawan yang turun membantu langsung ke jalan. 

Negosiasi

Ada yang bilang kalau teknik negosiasi adalah seni, ada pula yang menganggapnya sebagai ilmu pengetahuan. Apapun itu, kemahiran negosiasi bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan bisnis properti. Anda bisa menyampaikan kebutuhan klien melalui negosiasi yang lancar.

Sebenarnya, negosiasi yang efektif tidak harus menang. Yang terpenting adalah efektifitas dan kesungguhan Anda dalam bekerja. Bagaimana caranya menjual properti setinggi-tingginya sesuai permintaan penjual dan mencoba mendapatkan harga yang pas untuk pembeli yang ingin berhemat.

Simak juga: Apartemen Rp350 Juta Pilihan Peserta BPJS

2 dari 3 halaman

Pemasaran

Dalam dunia penjualan, ilmu marketing adalah ilmu yang tersulit untuk diterapkan. Jadi ketika menguasai skill ini, Anda bisa bekerja lebih ringan dan sukses kedepannya. Meski begitu, cara terbaik untuk belajar adalah dengan mencobanya secara langsung.

Jika belum pernah berpengalaman menjadi tenaga penjualan atau pemasaran sebelumnya, coba ambil waktu luang untuk menjadi pekerja lepas atau anak magang di sebuah perusahaan besar. Ambil pengalaman berharga dan bentuk mental sales yang kuat dari sekarang.

Melek teknologi

Saat ini, sekitar 113% dari pembeli properti mencari rumah dari listing internet. Percaya atau tidak, Anda tentu menyadari bahwa internet adalah dunia baru yang mulai mendominasi segala segi kehidupan.

Semua orang memiliki gawai dan banyak mencari informasi dari sana. Jadi mulailah manfaatkan media sosial atau blog sebagai media iklan yang efektif.

Tengah mencari apartemen di kisaran harga Rp350 jutaan untuk klien potensial Anda? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Lakukan Hal Ini Jika Ingin Anak Jadi Orang Sukses
Artikel Selanjutnya
Siapkah Si Kecil Memasuki Fase Sekolah? Yuk, Cari Tahu, Mam!