Sukses

Saat Bersih-bersih Rumah, Jangan Lewatkan Area Ini!

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan bersih-bersih umumnya dilakukan banyak orang setiap hari. Area ruang besar seperti ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, dan dapur biasanya jadi area utama yang rutin dibersihkan.

(Baca juga: Ini Standar Baku untuk Membersihkan Rumah Baru)

Sayangnya, saat bersih-bersih ada beberapa bagian rumah yang biasanya kerap kali terlupakan untuk dibersihkan. Apa saja? Berikut 6 bagian yang sering terlupakan menurut Rumah.com.

1. Kolong perabot

Anda pasti punya banyak perabot di rumah, namun sering kali lupa membersihkan area kolongnya saat bersih-bersih. Misalnya saja kolong tempat tidur, kolong sofa, kolong meja atau kolong lemari.

Area kolong perabot sangat rentan dipenuhi debu dan kotoran. Mulai sekarang rajinlah untuk membersihkannya dengan sapu atau vacuum cleaner. Bersihkan bagian ini secara tuntas setidaknya dua kali dalam setahun.

2. Bagian atas lemari, pintu dan bingkai foto

Cobalah poleskan jari Anda ke atas lemari di kamar tidur, pasti jari langsung penuh debu. Bagian atas lemari memang kerap terlupakan untuk dibersihkan. Terlalu tinggi dan tak terlihat menjadi alasan utama.

Mulai saat ini cobalah bersihkan secara rutin bagian atas lemari, sudut plafon, bagian atas pintu, dan frame foto. Gunakan kain berbahan microfiber agar debu lebih cepat hilang.

3. Ventilasi dan alat penyaring udara

Cobalah cek ventilasi di rumah dan alat penyaring udara lainnya. Apakah kebersihannya terjaga? Sebaiknya bersihkan ventilasi dan alat penyaring udara dua minggu sekali. Sebab, jika ventilasi tertutup debu, proses penyaringan udara akan terganggu sehingga membuat udara di dalam rumah tak bersih lagi.

1 dari 2 halaman

Area yang Sering Terlewat Saat Bersih-bersih

4. Bagian lemari pakaian

Anda mungkin sering menggunakan alas kertas di dalam lemari pakaian agar pakaian terjaga kebersihannya. Namun seberapa sering Anda membersihkan bagian dalam lemari? Lemari pakaian yang jarang dibersihkan dapat menumpuk debu dan jamur.

Sebaiknya bersihkan dalam lemari secara berkala untuk menghindari debu, jamur, dan kutu berkembang di sana. Ganti alas lemari secara berkala. Gunakan kertas yang bersih. Hindari menggunakan kertas koran karena warna hitam tinta dapat membuat kotor pakaian.

5. Tanaman dalam ruangan

Tanaman di dalam ruang berguna untuk menyegarkan udara di dalam hunian. Namun jangan lupa untuk selalu membersihkannya. Tumbuhan dapat menjadi sarang debu, loh!

Sirami daun tanaman dengan air semprot untuk menghilangkan debu-debu menempel. Sementara untuk tumbuhan replika, cuci setiap satu bulan sekali dan setelahnya lap dengan kain bersih.

6. Peralatan pembersih

Setelah selesai membersihkan rumah, jangan lupa untuk mebersihkan peralatan kebersihannya. Alat-alat seperti sapu, kemoceng, vacuum cleaner, dan spons pencuci wajib dibersihkan secara rutin agar tak menjadi sarang penyakit dan bakteri.

Nah, mulai sekarang lebih diperhatikan, agar keseluruhan ruang bersih sempurna. Dan untuk pilihan hunian dengan lingkungan yang bersih mulai harga Rp300 jutaan, cek aneka pilihannnya di sini!

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
6 Kolam Renang Alami Terbaik yang Ada di Indonesia